Kebun Jati Hangus Terbakar di Galung Barat


HANGUS TERBAKAR. Sisa sisa kebakaran kebun jati di Galung Barat.

SULBAR99.COM-MAJENE—Sedikitnya 150 m2 kebun jati di Lingkungan Galung Barat kecamatan Banggae Kabupaten Majene hangus terbakar, Senin (5/8/2019). Dugaan sementara kebakaran diakibatkan oleh puntung rokok yang dibuang oleh masyarakat secara sembarang. Pasalnya, di daerah tersebut jarang dilakukan pembakaran sampah oleh masyarakat.

Kepala Lingkungan Galung Barat M. Yunus menduga bahwa kebakaran lahan tersebut dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang sengaja membuang puntung rokok ke lahan yang kering, mengingat peristiwa kebakaran di daerah Galung Barat sering terjadi pada saat musim kemarau dan itu terjadi secara terus menerus pada saat musim kemarau datang.

Baca juga  Wow, Majene Double Hattrick Raih Anugrah Kabupaten Peduli HAM

“Pemerintah setempat juga sudah memasang papan peringatan untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarang namun masih saja ada oknum yang membuang puntung rokok di tempat tersebut,” ujar M. Yunus.

Menurut Yunus,  kebakaran tersebut pertama kali dilihat oleh salah seorang warga bernama Kadir, yang saat itu hendak pergi ke kebun. Karena panik dan melihat api semakin membesar Kadir kemudian langsung mendatangi rumah Kepala Lingkungan untuk melaporkan kebakaran tersebut. Sambil menghubungi Pemadam Kebakaran untuk secepatnya datang ke TKP sebelum api merembes membakar pohon yang lain.

Baca juga  Wow, Gojek Bantu Pemulihan Gempa di Majene dengan Merehab Gedung TK Pertiwi Malunda

Hal ini karena tidak jauh dari titik kebakaran sekitar kurang lebih 150 meter sudah masuk pemukiman penduduk, jadi Kepala Lingkungan dengan cepat menghubungi pemadam dan Bhabinkamtibmas untuk segera datang ke lokasi memadamkan api. 

Api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 12.00 Wita dan untuk sementara daerah tersebut masih dalam pengawasan Kepala Lingkungan Galung Barat mengantisipasi adanya api yang kembali menyala dan membakar kembali lahan mengingat sekarang musim kemarau dan kondisi cuaca panas serta berangin.

Baca juga  Dinas PPPA Majene Lakukan Pendampingan Anak Saat Diversi

Polres Majene yang datang ke lokasi kebakaran kemudian mengambil keterangan saksi dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. “ Karena sekarang ini musim kemarau, jadi dihimbau kepadamasyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, “ ujar Polisi di Tempat Kejadian Perkara. (IH)


DAERAH