Dibaca : 47 kali.

Kasubag Protokoler Majene Menjelma Jadi Protokoler Tiga Menteri Saat Kunjungannya ke Majene


Kasubag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Majene, Sufyan Ilbas di hadapan Menteri PPA saat berkunjung ke desa Sulai Ulumanda.

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Kasubag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Majene, Sufyan Ilbas, didaulat memimpin protokoler tiga menteri yang berkunjung ke Desa Sulai Kecamatan Ulumanda, dalam rangka memantau pengungsi di Ulumanda. Tiga Menteri yang datang ke Majene itu yakni Mensos RI, Menteri PPA dan Menko PMK, Kamis (28/1/2021).

Sufyan Ilbas didaulat protokoleri tiga Menteri itu. Berdasarkan informasi yang diperoleh, tiga kementerian ini tidak mengikutsertakan keprotokolan karena keterbatasan daya muat helikopter yang ditumpangi tiga menteri tersebut, yang hanya mampu menampung 15 orang.

Tampak dalam video yang beredar di medsos, Sufyan Ilbas tampak asyik memandu dan mengatur sejumlah warga yang hendak diberikan bantuan oleh Menteri PPA. Bukan cuma itu, mantan pimpinan CV Oval plan 86 itu juga memandu tiga menteri itu di dalam bus.

Baca juga  Seorang Nenek di Camba Utara Dilarikan ke RS Akibat Digigit Anjing Liar


Sufyan Ilbas tak pernah terpikir akan didadak menjadi protokoler orang nomor satu di tiga kementerian itu. Meski ada rasa sedikit gugup, tapi jam terbangnya sebagai protokoler pimpinan Sekertariat Pemkab Majene membuat ia tak kesulitan menyelesaikan tugasnya.


Ketika dihubungi via whatsApp, Sufyan Ilbas menuturkan, ada cerita di mobil yang bikin sedikit dirinya tegang dan takut. “Sewaktu pulang dari Sulai, tiba tiba Menko PMK bertanya sama saya, Mas, kita gak mampir disini yah, sambil menunjuk tenda pengungsi di sekitaran daerah Bukit Tinggi,” ungkapnya.

Baca juga  Putra Anggota DPRD Sulbar Disunnat

Sufyan yang sudah terbiasa memprotokoleri sejumlah kegiatan Bupati pun menjawab. “Ijin Pak Menteri, dalam jadwal tidak termasuk, tapi bila Pak Menteri ingin mampir, kami persilahkan,” ujar Sufyan.

Mobil pun berhenti karena Menko PMK langsung minta berhenti, padahal Patwal sudah melaju didepan. “Pak. Menteri cuma minta waktu mampir sama 5 menit,” ujarnya.

Pengalaman itu, lanjut Sufyan sedikit bikin takut juga. “Karena jangan sampai kita kena marah sama pihak pengawalan TNI dan Polri. Dikawal ketat tadi masalahnya, nanti ditanya, siapa ijinkan ?,” ungkapnya seraya menyebutkan, dirinya diwanti wanti dari Analis protokol Menko PMK bahwa waktu kunjung di Sulai hanya 10 – 15 menit.

Baca juga  Basarnas Mamuju Bergerak Cari Tiga Nelayan Hilang di Pasangkayu

Sementara itu, lanjut Sufyan, di dalam bus, Menteri Sosial Tri Rismaharini berpesan kepada bupati Majene Lukman, agar bersurat ke Kementerian PU. “Tolong Pak Bupati Majene bersurat ke Menteri PU PR untuk perbaikan jalan ruas Ulumanda,” ungkap Sufyan.

Bukan cuma itu mantan walikota Surabaya itu juga berpesan agar semua Ibu hamil yang ada di gunung dan susah akses jalan, agar dijemput dengan Helikopter oleh BNPB. (Ih)