Kapolda Sulbar Berikan Materi Bela Negara kepada Mahasiswa Baru STAIN Majene


BELA NEGARA. Kapolda Sulbar berikan materi bela negara terhadap peserta Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan STAIN Majene di Aula Masjid Agung Ilaikal Mashir. ( (ist)

SULBAR99.COM-MAJENE, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si memberikan Materi pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) STAIN Majene, Jumat (30/8/2019) di Aula Masjid Agung Ilaikal Mashir. Materi bela negara tersebut diberikan Kapolda Sulbar terhadap peserta Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan ( PBAK ) STAIN Majene.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Muliadi,S.Sos.MSi (Wakil Ket I STAIN Majene), DR.Anwar Sadat, MAg (Wakil Ket III STAIN Majene / Penanggung jawab PBAK), AKBP Asri Effendi,SIK ( Kapolres Majene), Abd.Rahman, M.Pd,.Ph.D (Ket Panitia PBAK), Seluruh ketua jurusan, Kepala Prodi, Kasubbag Akademik dan seluruh Mahasiswa peserta PBAK STAIN Majene.

Baca juga  Aksi Peduli Masamba, Mahasiswa STIT Al-Haeriyah Mamuju Turun ke Jalan

Dalam meteri tentang Bela Negara tersebut Kapolda Sulbar menyampaikan antara lain :

  1. Defenisi Bela Negara yakni suatu sikap, tekad serta perilaku warga negara yg dikerjakan secara teratur atau konstan, menyeluruh dan terpadu yg mana juga disertai dengan penjiwaan terhadap kecintaan kepada negara atau NKRI yg didasarkan pada UUD 1945 dan pancasila dalam menjamin kesejahteraan hidup Bangsa dan Negara.
  2. Bela Negara itu sangat penting karena untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman, menjaga keutuhan negara, merupakan panggilan sejarah, dan merupakan kewajiban setiap warga negara.
  3. Unsur dan Nilai – nilai Bela Negara antara lain :
Baca juga  96 Mahasiswa Unismuh Makassar Nilai Kualitas Kebijakan Pemda Majene Soal Penanganan Gempa

a) Memiliki Jiwa Cinta Tanah Air
b) Memiliki Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
c) Meyakini bahwa Pancasila adalah ideologi negara
d) Rela berkorban demi kesejahteraan bangsa dan negara
e) Mempunyai keahlian awal bela negara

  1. Ancaman terhadap Bangsa dan Negara antara lain :

a) Radikalisme
b) Tekhnologi ( HOAX )
c) Perekonomian yang tidak merata
d) Politik Identitas
e) Intoleransi
f) Firehose of Falsehood ( kata – kata hina )

Baca juga  UKM Pandaraq Unsulbar Buka Rekrutmen Anggota Baru
  1. Peran Polisi dalam bela negara yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, selain itu Polri juga bekerja sama dengan Bhabinsa, Kepala Desa dan Penyuluh agama yang tergabung dalam 4 pilar. Untuk itu diharapakan kepada mahasiswa untuk mempedomani tri darma antara lain :

a) Mengadakan peneliitan /
b) Kembangkan ilmu pendidikan dan pengajaran,
c) Abdi masyarakat ( bermanfaat bagi masyarakat )

Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan Kapolda Sulbar memberi kesempatan kepada 4 orang Peserta PBAK mengajukan pertanyaan. (Ih)


KAMPUS