Kapolda Sulbar Bekali Maba Unsulbar Bela Negara


KULIAH UMUM. Kapolda Sulbar Brigjend Pol. Drs. Baharuddin Djafar, M.Si memberikan materi kuliah umum bela negara terhadap sejumlah Mahasiswa baru Unsulbar (Ist)

SULBAR99.COM-MAJENE, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Barat BrigJend Pol Drs. Baharuddin Djafar, M.Si membekali Mahasiswa baru Universitas Sulawesi Barat ( Unsulbar) tentang bela negara, Selasa (20/8/2019) di Aula Masjid Agung Ilaikar Mashir Majene

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dir Polair Polda Sulbar Kombes Pol Dede Ruhiat, SIK, Kapolres Majene AKBP Asri Effendy, SIK, Wakil Rektor II Unsulbar Ir H Anwar Sulili, M. Si, para Civitas Akademik Unsulbar serta mahasiswa baru Unsulbar

Baca juga  Sukseskan SKD CPNS, Sejumlah Instansi Dapat Penghargaan

Dalam kuliah umum tentang Bela Negara tersebut Kapolda Sulbar menyampaikan Defenisi Bela Negara yakni suatu sikap, tekad serta perilaku warga negara yang dikerjakan secara teratur atau konstan, menyeluruh dan terpadu yang mana juga disertai dengan penjiwaan terhadap kecintaan kepada negara atau NKRI yang didasarkan pada UUD 1945 dan pancasila dalam menjamin kesejahteraan hidup Bangsa dan Negara.

“Bela negara itu sangat penting karena untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman, menjaga keutuhan negara, merupakan panggilan sejarah, dan merupakan kewajiban setiap warga negara,”ungkap Kapolda.

Baca juga  Di Depan Sekprov Sulsel, Pimpinan DDI Sebut Bupati Barru Sangat Perhatian ke Pesantren

Sementara itu, tambah Kapolda, unsur dan nilai – nilai bela negara yaitu memiliki jiwa cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. “Meyakini bahwa Pancasila adalah ideologi negara, rela berkorban demi kesejahteraan bangsa dan negara serta mempunyai keahlian awal bela negara,” tambah Kapolda.

Ancaman terhadap bangsa dan negara, lanjut Kapolda yaitu radikalisme, tekhnologi (HOAX), perekonomian yang tidak merata, politik identitas, intoleransi
serta firehose of falsehood (kata-kata hina)

Baca juga  Pelantikan Pejabat Eselon 2 Lingkup Pemkab Wajo " Ternoda "

“Peran Polisi dalam bela negara yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, selain itu Polri juga bekerja sama dengan Bhabinsa, Kepala Desa dan Penyuluh agama yang tergabung dalam 4 pilar,” tambah Kapolda seraya mengharapkan kepada mahasiswa untuk mempedomani tri dharma antara lain mengadakan peneliitan, kembangkan ilmu pendidikan dan pengajaran serta abdi masyarakat. (Ih)


DAERAH