Kakanwil Kemenag Sulbar Serukan “PDLT” Pada 45 Kepala Madrasah


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulbar Dr. H. M. Muflih B. Fattah., MM membuka acara pembinaan ASN dan Bimbingan Teknis Penyusunan Dupak Se KKM wilayah lll MIN 3 Polewali Mandar yang diadakan di ruang aula hotel Facifik, wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (16/12/2020)

Kegiatan Pembinaan ASN yang diinisiasi oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Polewali Mandar secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, Dr. H. M. Muflih B. Fattah, MM, Rabu, 16 Desember 2020. Dalam kesempatan yang sama Ketika memberi sambutan, ia menekankan agar para guru menerapkan PDLT dalam kesehariannya.

Kegiatan yang bertajuk Bimbingan Teknis Penyusunan DUPAK dan SKP tersebut diinisiasi oleh Kamad MIN 3 Polman, Syarifuddin, S. Ag. M. Pd dengan dilatar belakangi kesulitan dan kendala guru khususnya di wilayah III KKM MIN 3 Polewali Mandar dalam membuat Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK).

Baca juga  Bangun Smart Village, Kanwil BPN Sulbar Penandatanganan MoU dengan Unsulbar

“Kegiatan pembinaan ini dapat berimplikasi pada peningkatan kompetensi guru dalam menyusun DUPAK secara mudah dan terukur berdasarkan kegiatan-kegiatan reflektif yang telah dilaksanakan dan dicapai oleh guru di madrasah masing-masing dalam satu tahun, yang mengacu pada PERMENPAN RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan BKN Nomor : 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya,” harap Syarifuddin.

Sebelum membuka acara secara resmi, H. M. Muflih B. Fattah, memberikan semangat dan arahan kepada para peserta terkait kinerja guru selaku tenaga pengajar.

Baca juga  Ratusan Masker, Hand Sanitizer dan Makanan Diserahkan Bupati Majene

“Khusus kepada saudara-saudaraku guru ini satu jabatan tugas mulia yang diemban oleh kita yang diberikan negara dan agama kepada kita. Membagi pengetahuan, ilmu, mengajarkan budi pekerti yang bagus kepada anak-anaknya, itu suatu tugas mulia yang kita emban dan bagaimana anak-anak kita ini bisa menjadi pintar cerdas, memiliki budi pekerti yang mulia,” ungkap H. M. Muflih.

Pada kesempatan tersebut mantan Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulbar ini juga menekankan pentingnya para guru sebagai ASN tetap mengedepankan “PDLT”, Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, dan Tidak tercela.

Mengakhiri arahannya, pria kelahiaran Majene ini tak henti-hentinya mengingatkan kepada para Kepala Madrasah dan Guru agar selalu mengedepankan protokol kesehatan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam setiap kegiatan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga.

Baca juga  Lanjutkan Reses, Hasnah Syam Kunjungi Wilayah Pedalaman Barru

Adapun hadir mendampingi Kakanwil Kemenag Sulbar, Kepala Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah, Muhammad Hamsul, S.Ag, dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Mamuju, H.Laupa, S.Ag., M.Pd.I.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sulbar, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Pembinaan ASN” oleh Kasi Guru Muhammad Hamsul, S.Ag dan materi “Bimbingan Teknis Penyusunan DUPAK dan SKP” oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum Bidang Sekretariat Kanwil Kemenag Sulbar, Drs. H. Kamaruddin, M.Si.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Hotel Fasific Wonomulyo tersebut menyertakan 45 peserta yang terdiri dari segenap Kepala Madrasah dan Guru ASN se-KKM Wilayah III. (yus/ric)


DAERAH