Jelang Sandeq Race 2019, Sandeq Bintang Timur Ujicoba di Perairan Majene

  • Bagikan
UJI COBA. Perahu Sandeq Bintang Timur merapat di Pantai Tanjung Batu setelah melakukan uji coba di perairan Majene. (Foto : Muhammad Fathanah)

SULBAR99.COM-MAJENE—Jelang Perhelatan tahunan Sandeq Race 2019, Perahu Sandeq Bintang Timur lakukan ujicoba di perairan Majene, Minggu 21/7/2019). Ujicoba perahu sandeq yang merupakan salah satu sandeq tercepat di Tanah Mandar tersebut dilakukan mulai pukul 08.15 pagi, dimulai dari pantai Tanjung Batu Majene menuju perairan Teluk Mandar.

Salah seorang Sawi  (Awak perahu-red) perahu sandeq Bintang Timur, Udin mengungkapkan, ujicoba dilakukan karena melihat kondisi cuaca pada hari ini sangat mendukung. “”Cuaca hari ini sangat  mendukung, apalagi angin sangat bersahabat, jadi kita tahu apa kelebihan dan kekurangan perahu ini,” jelas Udin, salah satu sawi perahu sandeq bintang timur yang ditemui di pantai tanjung Batu Majene.

Hal senada juga diungkapkan Aswadi, salah seorang penggemar perahu Sandeq Bintang Timur yang sedang melihat aksi uji coba sandeq andalannya. “Bagus ini lakukan ujicoba sandeq, supaya diketahui apalagi yang perlu dibenahi sebelum lomba,” ujar Aswadi.

Perahu sandeq Bintang Timur adalah Sandeq hasil swadaya masyarakat  Tanjung Batu Timur dan Tanjung Batu Barat serta sponsor yang terlibat. Perahu ini sering mendapat juara dalam perhelatan sandeq race, baik itu perhelatan lomba segitiga perahu Sandeq yang diadakan di Majene maupun Sandeq race tingkat provinsi Sulawesi Barat.

Setiap tahunnya, masyarakat Tanjung Batu Timur danTanjung Batu Barat bahu membahu untuk membenahi perahu sandeq Bintang Timur  untuk mengikuti event tahunan perlombaan sandeq race. Pada tahun ini, even sandeq race  skala provinsi akan dilaksanakan tanggal 7 sampai dengan 15 Agustus 2019 dan  start di pantai Bahari Polewali Mandar serta finish di Pantai Rimuku Mamuju Sulawesi Barat. (Fathanah)

  • Bagikan