Jelang Lebaran, SMS Penipuan Mulai Marak


Sulbar99.com. Menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran, Short Message Service (SMS) berkedok penipuan mendapat hadiah Tunjangan Hari Raya (THR) mulai marak menghiasi telepon genggam masyarakat, Senin (20/5/2019). Salah satu isi SMS tersebut menawarkan hadiah THR Rp.175juta dari PT. Whats’up.

Pesan singkat tersebut dikirimkan oleh para penipu yang ingin memanfaatkan momen lebaran dengan sasaran orang yang gampang ditipu. Dari jutaan sms yang disebar, para penipu ini berharap bisa mendapatkan korban hingga puluhan orang.

Baca juga  Kapolres Majene Rilis Kasus Pembunuhan dan Pencurian

Modus penipuannya yakni masyarakat disuguhi pin atau kode dan diarahkan untuk membuka web yang tampak sekilas tawaran hadiah itu seperti asli dari whats’up, namun jika diteliti lebih seksama, akun tersebut ternyata palsu.

Selain SMS hadiah THR dari Whatsup, sms penipuan yang marak beredar dimasyarakat saat ini adalah dengan berpura-pura sebagai pemilik kontrakan.”Assalamualaikum, maaf saya pemilik kontrakan, mengenai kontrakannya kalau mau dilanjut hubungi adik saya pak Dedi 085213663844,” kata sms tersebut. bagi masyarakat yang kebetulan kontrakannya habis bisa jadi menelpon nomor hp tersebut.

Baca juga  Buronan Pencurian di Mamuju Ditangkap Polisi di Tana Toraja

Korban yang menelpon nomor tersebut akan diarahkan dan dipengaruhi bahwa dirinya mendapat hadiah besar dan diarahkan untuk mengirim uang agar hadiah itu bisa diproses. Tidak jarang, masyarakat menjadi korban dengan mengikuti keinginan si penipu. Olehnya itu masyarakat disarankan agar jika ada sms berkedok hadiah agar tidak percaya begitu saja sebab kemungkinan besar, hadiah melalui sms itu pada umumnya berupa penipuan. (IH)

Baca juga  Pelajar SMK 3 Majene Tewas Gantung Diri di Campalagian

KRIMINAL