Jelang Hari Pencoblosan, Petugas PPK Dilatih Menggunakan Aplikasi Sirekap


Sebanyak 40 Orang Petugas PPK Pilkada Majene, Dilatih Menggunakan Apilkasi Sirekap

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Jelang hari pemungutan suara Pilkada serentak, KPU kabupaten Majene terus melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) terkait pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta penggunaan aplikasi Sirekap.

Bimtek Sirekap diikuti seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari delapan kecamatan  se-kabupaten Majene yang jumlahnya sebanyak 40 orang. Bimtek  dilaksanakan selama dua hari di aula Villa Bogor, Rabu (25/11/2020).

Baca juga  Politisi Perempuan Hj. Nurnazila Kalammor Siap Maju pada Pilkada Polman 2024

Komisioner KPU Majene, Munawir Ridwan Divisi Teknis dan Penyelenggara menjelaskan, kegiatan bimtek ini dilaksanakan terkait dengan tata cara pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi suara hasil pemilihan dan pengenalan Aplikasi.

“Kegiatan ini bertujuan agar PPK memahami proses atau mekanisme pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dengan menggunakan aplikasi Sirekap, karena dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Majene ini  merupakan kali pertama diterapkan di masa pendemi Covid-19,” jelas Munawir, Rabu (25/11/2020).

Baca juga  Patmawati Fahmi: Komunitas Pemuda Harus Ikut Mengawal Kebijakan Pemerintah

Munawir juga mengatakan, pada kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini,  para peserta nantinya akan diperkenalkan beberapa materi yang akan disampaikan, antara lain pengenalan aplikasi Sirekap web dan Sirekap mobile.

Baca juga  Polisi Beri Arahan Teknis Pengamanan Kepada Linmas Sebelum Pencoblosan Dilaksanakan

“Termasuk juga tentang mekanisme pemungutan dan penghitungan suara, mekanisme rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan, manajemen logistik dan penataan potensi masalah. Diharapkan setelah mengikuti bimtek, petugas PPK ini mempunyai pemahaman yang sama dan mampu menyampaikan informasi ini kepada PPS dan KPPS nanti,” ujarnya. (Alimukhtar)