Jalin Sinergitas, Basarnas Mamuju Temui Bupati Mateng


SULBAR99NEWS.COM-TOPOYO, Keberhasilan Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) yang maksimal, dibutuhkan sinegisitas antara Pemerintah, Instansi dan potensi SAR. Didasarkan hal tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju, Sulawesi Barat lakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Selasa 29 Desember 2020.

Dalam pelaksanaannya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju Saidar Rahmanjaya, SH, M.A.P, disambut langsung oleh Bupati Mamuju Tengah H. Aras Tammauni, didampingi Wakil Bupati, Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bapeda) dan Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Bupati Mamuju Tengah H. Aras Tammauni, pihaknya sangat mendukung segala bentuk kegiatan operasi Pencarian dan Pertolongan di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah. “Kami melihat dan menilai setiap kegiatan dilaksanakan sangat baik dan bersinergi dengan semua potensi SAR yang ada, khususnya di Kab. Mamuju Tengah,” tutur Aras Tammauni.

Baca juga  Bahas Serbuan Vaksinasi COVID-19, Dandim 1402/Polman Ngopi Bareng Wartawan

Menurut ketua DPD Golkar Sulbar itu, Wilayah Mamuju Tengah merupakan wilayah rawan bencana seperti gempa bumi, longsor, banjir dan musibah lainnya. “Untuk itu kami berharap Kepala Basarnas Mamuju dapat membentuk Unit siaga Pencarian dan Pertolongan (SAR) diMamuju Tengah,” pintanya.

Dalam pertemuan tersebut, juga menjadi pembahasan adalah pelaksanaan Kegiatan Latihan SAR Gabungan dan Pelatihan Potensi SAR yang direncanakan akan dilaksanakan tahun 2021. Hal ini pula bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan sumber daya yang dimiliki.

Baca juga  Lagi, 316 Sertifikat Tanah PTSL Diserahkan Bupati di Totoli, Rangas dan Palipi Soreang

Pada kesempatan itu pula, Bupati Mamuju Tengah memerintahkan Kepala Bappeda dan Kepala BPBD untuk menyusun rencana kegiatan dan kebutuhan pelaksanaan Kegiatan yang dimaksud.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju mengungkapkan, terkait permintaan pembentukan Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Mamuju Tengah, akan dilaporkan kepada pimpinan pusat, hal tersebut sebagai bahan pertimbangan pembentukan Unit Siaga SAR di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, sama seperti daerah lainnya di Sulawesi Barat.

Baca juga  Pemkab Majene Siapkan Bibit Ikan Lele dan Tanaman Untuk Kampung Tangguh

Dalam pernyataannya, Saidar menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Mamuju Tengah beserta seluruh jajarannya yang hadir atas semua bentuk dukungan dalam rangka terlaksananya Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) yang maksimal bagi Mayarakat di Mamuju Tengah. “Karena pelaksanaan Operasi SAR yang terkoordinasi dan bersinergi dengan semua potensi SAR, kami yakin hasilnya akan maksimal, itu tidak lepas dari dukungan semua pihak, termasuk apa yang menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah saat ini,” tutup Saidar. (Satriawan)


DAERAH