Ini Tiga Upaya TP PKK yang Sinergi dengan Pemerintah Menurut Wabup Majene


Wakil Bupati Majene Arismunandar Kalma.

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Pelantikan dan Pengukuhan TP. PKK Kabupaten Majene
Periode 2021 – 2026 dengan tema “Menguatkan peran organisasi dalam mewujudkan Majene Rumah Kita
Majene Unggul, Mandiri & Religius digelar di Pendopo Rujab. Bupati, Minggu, 31 Oktober 2021.


Dihadiri Wakil Bupati Arismunandar Kalma, Ketua TP. PKK Sulbar Dra. Hj. Andi Ruskati Ali Baal, Para Asisten & Staf Ahli Bupati, Para Pimpinan OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Majene, Ketua TP. PKK Kecamatan dan Pengurus TP. PKK Kab. Majene.

Pengurus TP. PKK Majene resmi dikukuhkan oleh Wakil Bupati Majene.

Wakil Bupati Majene Arismunandar Kalma mengatakan,
selamat kepada Ketua Tim Penggerak PKK yang baru saja dilantik oleh Ketua Tim Penggerak Provinsi. “Semoga dengan dilantiknya ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten yang baru, akan mampu membantu terwujudnya Visi dan Misi Bupati serta Wakil Bupati Majene,” ungkap Arismunandar.

Baca juga  Tindak Lanjut BPKP, TGTP Covid19 Majene Rapat Sinkronisasi BLT

Keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam Organisasi Tim Penggerak PKK, lanjut mantan sekretaris Disbudpar Majene ini, memiliki peran strategis dalam paya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh khususnya untuk perempuan dan anak-anak.

“Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah dapat terlihat dari 10 Program PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program-program yang ingin dilaksanakan Pemerintah, ” tambahnya.

Wujud upaya tersebut diantaranya:

Pertama, upaya penanggulangan kemiskinan, dimana gerakan PKK telah mengambil bagian menanggulanginya yang terepresentasi pada program pokok PKK ke 8 yaitu melalui pengembangan kehidupan berkoperasi sebagai upaya pemberdayaan keluarga dan juga merupakan jalur yang baik dalam melatih dan mewujudkan prinsip kehidupan demokratisasi
dan kerjasama antar manusia.

Baca juga  Siapkah Majene Terapkan New Normal?, Ini Jawabannya

Kedua, upaya penanggulangan kelaparan, dimana program pokok ke 3 PKK telah turut membantu dalam menanggulangi persoalan pangan dengan cara menggalakkan penyuluhan untuk pemanfaatan lahan dengan menanam tanaman produktif bagi kaum wanita.

Ketiga, upaya memberikan pelayanan dasar, yakni pendidikan dasar untuk semua, dimana gerakan PKK melalui program pokoknya yang ke 6 yakni keterampilan dan pendidikan turut memberikan sumbangsih yang sangat besar membantu pemerintah memberikan pengetahuan khususnya kepada kaum wanita sampai ke pelosok.

“Dengan adanya keselarasan program-program ini tentunya Tim Penggerak PKK dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik dan dapat membangun kemitraan dengan OPD – OPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten,” jelasnya lagi.

Dengan pelantikan Ketua TP. PKK, ini merupakan awal dan momentum yang tepat bagi kita untuk menjadikan kabupaten kita ini kearah yang lebih maju serta mendapatkan kesejahteraan yang merata, untuk itu kami berharap kepada seluruh Pengurus Tim Penggerak PKK agar dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah serta memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil.

Baca juga  Serah Terima Jabatan Kepala Lapas, Bupati Barru Sampaikan Pesan Ini

‘Kita yang hadir disini tentunya menyadari bahwa semua organisasi tidak terkecuali Tim Penggerak PKK, selalu dan senantiasa di hadapkan pada berbagai tingkat kinerja, yang harus didukung oleh kemampuan pemimpin dan kebersamaan anggota. Oleh karena itu, kepada anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten kami himbau agar dapat meningkatkan etos kerja, kebersamaan dan profesionalisme, sehingga Tim Penggerak PKK akan menjadi organisasi yang solid, kreatif dan inovatif,” pungkasnya. (Ril)