Dibaca : 57 kali.

HUT ke-70, PDGI Majene gelar Talk Show Dokter Gigi Unggul Indonesia Maju



SULBAR99.COM-MAJENE, Dalam rangka HUT ke-70 Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggelar talk show dengan Tema “Dokter Gigi Unggul, Indonesia Maju” Di Pendopo Rujab Bupati Majene Kamis, 23/1/2020.

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Majene, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, drg. Muh. Ruslin, M. Kes, Sp. BM (K), Ph. D, Ketua TP. PKK Majene Hj. Fatmawati Fahmi, Para Pimpinan OPD yang terkait, Ketua PDGI Majene dan Ketua IDI Majene

Talk show ini juga dihadiri 120 Peserta dari TP. PKK Kabupaten, Kecamatan & Kelurahan / Desa.

Ketua Panitia, drg. Gufria Darma Irasanti, M. Ph mengatakan, Stunting merupakan salah satu isu prioritas kesehatan di Indonesia selama hampir lebih 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa prevalensi stunting tidak signifikan, mengalami penurunan. “Masalah ini harus segera diatasi, sehingga penurunan stunting memerlukan intervensi yang terpadu mencakup intervensi spesifik dan intervensi sensitif,” ungkapnya.

Baca juga  Majene Gandeng Kemendagri Gelar Bimtek Penyusunan dan Evaluasi LPPD 2019

Drg. Gufria menambahkan, tujuan kegiatan ini memberikan informasi tentang pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut sejak dini, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap penurunan prevalensi stunting.

Sementara itu, Ketua PDGI Cab. Majene, drg. Idhan Halik mengatakan, berbagai kegiatan dilakukan dalam memperingati HUT PDGI ke-70 antara lain pemberian layanan gratis minimal kepada 1 pasien pada tanggal 21 sampai dengan 22 Januari 2020. “Gerakan ini diharapkan mampu menggugah jiwa sosial dokter gigi di Indonesia yang berjumlah kurang lebih 36.000,” ungkap Drg. Idhan.

Dirinya menambahkan, khusus di lingkup wilayah PDGI sulselbar dilakukan kampanye kesehatan gigi dan mulut yang dikemas dalam bentuk sosialisasi “upaya penurunan prevalensi stunting melalui peningkatan kesehatan gigi dan mulut”.

Baca juga  Reses di Sirindu, Anggota DPRD Sulbar Itol Saiful Tonra Beri Kesan Positif

Kegiatan sosialisasi kali ini bekerjasama dengan TP. PKK Kabupaten Majene dominasi kelompok perempuan di PKK merupakan kategori sasaran yang tepat untuk kegiatan ini karena peranan perempuan dalam mencegah kejadian stunting sangat penting melalui pendekatan lingkungan keluarga.

Senada diungkapkan Dra. Hj. Fatmawati Fahmi, MH. yang mengatakan syukur karena hari ini keluarga besar PDGI melaksanakan kegiatan talk show dalam rangka HUT PDGI ke 70. “Kami dari TP. PKK Majene mengucapkan terima kasih setinggi tingginya kepada Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas yang telah sudi melungkan waktunya datang ke Majene untuk mengedukasi kepada kami jajaran TP. PKK Majene terkait masalah stunting dengan berbagai aspek,” ungkap Fatmawati.

Ketua PMI juga mengakui bahwa PDGI Majene ini sangat proaktif dalam memperingati HUT PDGI, selalu berinovasi dalam setiap acaranya.

Baca juga  Empat Titik Reses Digelar Anggota DPRD Dalif Untuk Menyerap Aspirasi

“Apabila ada diantara ibu desa atau ibu lurah yang warganya menderita bibir sumbing, dekan fakultas kedokteran gigi siap memfasilitasi untuk dilakukan operasi bibir sumbing,” tambahnya.

Mulai besok, lanjut Fatmawati, para Ibu Lurah dan Ibu Desa untuk mendata warganya yang menderita bibir sumbing diwilayah masing masing, dan pada bulan April nanti akan dilakukan operasi bibir sumbing gratis oleh TP. PKK Majene bekerja sama dengan PDGI Majene dan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas.

Upaya yang dilakukan oleh Pemkab. Majene dan TP. PKK Majene sdh sangat luar biasa dalam hal penanganan stunting, dan Alhamdulillah saat ini kembali lagi dibantu oleh PDGI, ini akan semakin mempercepat penanganan stunting di Majene. Ini artinya semua yang terkait didalamnya mengambil bagian dan punya andil yang luar biasa.