Gus Menteri Tertarik Bakso Ikan Tuna Karya BUMDes Desa Bababulo Utara Majene


Gus Menteri saat mencoba Bakso Ikan Tuna yang dikelola BUMDes Sipokanynyang Desa Bababulo Utara.

SULBAR99NEWS.COM-MAMUJU, Meski ditengah pandemi covid 19, puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) Ke-70 tetap digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia bertema “Revitalisasi dan Modernisasi Transmigrasi mendukung Ketahanan Pangan Nasional”di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Sabtu (12/12/20)

Agenda tahunan yang dilaksanakan setiap 12 Desember, tahun ini tampak berbeda karena harus dilakukan secara sederhana dan protokol kesehatan yang ketat, meski tak mengurangi hikmat upacara.

Baca juga  Desa Wisata Setigi, Awalnya Tempat Buangan Sampah, Kini Hasilkan Rp 9,9 Milliar Setahun

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengunjungi sejumlah stand BUMDes yang terletak di halaman kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Salah satu stand yang dikunjungi adalah stand milik Desa Bababulo Utara Kabupaten Majene Sulawesi Barat.

Gus Menteri didampingi Gubernur Sulbar A. Ali Baal Masdar memperlihatkan produksi bakso ikan Tuna

Kepala Desa Bababulo Utara, Iskandar, yang dihubungi mengatakan, Gus Menteri tertarik dengan salah satu olahan BUMDes Sipokanynyang, BUMDes yang dimiliki desa Bababulo Utara, yaitu olahan bakso Ikan Tuna. “Kebetulan kami daerah pesisir, penghasil ikan. Kita upayakan olah itu ikan jadi bakso. Mungkin bosan makan daging ayam, daging apa, akhirnya dia senang lihat bakso ikannya,” ungkapnya.

Baca juga  Gus Menteri Lantik Sembilan Pimpinan Tinggi Madya Kemendes PDTT, Ini Namanya

Ikan yang diolah BUMDes Sipokanynyang itu, lanjut Iskandar adalah ikan Tuna. ” Kita olah Ikan Tuna jadi Bakso. Ada juga limbah bekas plastik menjadi kursi sofa yang bernilai,” tambahnya.

Iskandar menjelaskan, bahan yang digunakan, bekas jergen 5 liter yang dirangkai menjadi kursi sofa. “Beliau Pak Menteri senang lihat, olahannya BUMDes. Kegiatannya BUMDes ini, binaannya, usaha-usaha kecil,” tambahnya.

Baca juga  Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar Gencar Kampanyekan SDGs Desa

Gus Menteri, lanjut Iskandar berpesan kepadanya agar olahan BUMDes seperti bakso ikan tuna dan kursi sofa agar ditingkatkan lagi. “Kalau bisa lebih ditingkatkan usahanya, lebih dijaga kualitasnya, agar bisa lebih nyaman lagi,” ujarnya.

Selain Bakso Ikan tuna dan kursi sofa, Kades Bababulo Utara juga akan mengembangkan plastik bekas menjadi paving blok dari plastik bekas. (Satriawan)


NASIONAL SEPUTAR DESA