Gunakan Pakaian Adat Mandar, Bupati Majene Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Upacara dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sementara dari Kabupaten Majene yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dari Ruang Rapat Wakil Bupati Majene, diikuti Bupati Majene H. Lukman, Ketua DPRD Majene Salmawati Djamado, Dandim 1401 Yudie Rombe, Kapolres Majene Irawan Banuadji, Pj. Sekda Majene Suyuti Marzuki, Asisten Bid. Ekonomi Pembangunan Andi Amran dan Kaban Kesbangpol Majene H. Rustam.

Para peserta upacara yang hadir kompak menggunakan pakaian adat Mandar, sementara untuk TNI Polri menggunakan PDU III.

Upacara digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/6/2021).

Baca juga  Ada THR dan Gaji ke-13, Belanja Pegawai 2020 Capai Rp416 Triliun

Jokowi, yang bertindak sebagai inspektur upacara, hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Presiden Joko Widodo dalam pidato singkatnya mengungkapkan untuk mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat dan berbangsa. Apalagi tantangan yang di hadapi saat ini tidak ringan, dimana perkembangan globalisasi dan interaksi di belahan dunia tidak serta merta menyatukan pandangan, termasuk rivalitas dan kompetensi yang menggangu nilai nilai dan ideologi bangsa.

Baca juga  Hari Bhakti Transmigrasi ke-70, Kakanwil Kemenag Sulbar Apresiasi Gus Menteri Bantu Warga Terdampak Covid-19

Untuk itu katanya, mengahadapi semua persoalan bangsa, pendalaman nilai pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara cara yang biasa namun diperlukan cara luar biasa. Ia juga mengajak seluruh rakyat indonesia untuk bersatu bergerak aktif dan memperkokoh nilai-nilai pancasila untuk Indonesia maju.

Tema Hari Lahir Pancasila tahun ini tindakan bersatu untuk Indonesia Tangguh.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya. Novi saat ini menduduki jabatan Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta.

Baca juga  Perpres No. 68/2019: Inilah Tugas dan Fungsi Kementerian Kelompok I, II, III dan Kementerian Kordinator

Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infantri Muhammad Imam. Dia kini menjabat Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini diikuti perwakilan TNI-Polri, tenaga kesehatan, hingga pelajar. Terlihat juga jajaran menteri yang turut hadir dalam upacara ini.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks Pembukaan UUD 1945. (ih)


NASIONAL