Fahmi : Tantangan Swasembada Pangan Yakni Keterbatasan Lahan Pertanian

  • Bagikan
Bupati Majene Fahmi Massiara didampingi Kepala Dinas Ketahanan pangan, Hamzah Jamaluddin.

SULBAR99.COM-MAJENE, Untuk mengevaluasi kebijakan program ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Majene menggelar rapat dewan ketahanan pangan Kabupaten Majene tahun 2019, di ruang rapat Sekda Majene, Rabu (30/10).

Rapat dewan ketahanan pangan merupakan forum koordinasi para anggota dewan ketahanan pangan untuk melaksanakan kebijakan  program
pembangunan pangan. Rapat tersebut di hadiri Bupati Majene, Fahmi Massiara, Wakil Bupati  Lukman, serta beberapa kepala OPD yang terkait sebagai anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Majene.

Bupati Majene Fahmi Massiara saat membuka rapat mengatakan,  tantangan
dalam mewujudkan swasembada pangan, baik dari sisi penyediaan ataupun
permintaan yakni,  masalah keterbatasan lahan pertanian dan ketersediaan air untuk pertanian.

“Sementara ada peningkatan jumlah masyarakat kelas menengah yang
berpengaruh pada permintaan pangan baik,  dari segi kualitas, kuantitas dan keamanan pangan,”katanya.

Untuk itu Fahmi juga menilai dari hasil rapat koordinasi dewan ketahanan pangan sebelumnya, masih diperlukan upaya sungguh-sungguh untuk mengimplementasikan kesepakatan yang telah di hasilkan.

“Saya minta agar dilakukan reviuw untuk semua regulasi terkait, agar secepatnya bisa mengambil langkah untuk meningkatkan sinkronisasi dan
harmonisasi antar OPD terkait. Kita juga berharap forum ini segera merumuskan langkah-langkah kongkrit, yang dapat di implementasikan menjadi komitmen bersama demi mewujudkan kedualatan pangan dan ketahanan pangan, ”tandasnya.(Ali)

  • Bagikan