Dua Terduga Pelaku Pencurian Handphone di Majene Diringkus Polisi


Kapolres Majene, AKBP Febryanto Siagian saat menggelar Press Release Kasus Pencurian

SULBAR99NEWS.COM–MAJENE, Kepolisian Resort (Polres) Majene kembali menangkap dua tersangka pelaku kasus pencurian handphone. Kasus pencurian kali ini dialami oleh seorang Mahasiswi terjadi  di Jl Ahmad Yani, Lingkungan Passarang, Kelurahan Totoli, Kecamatan Banggae.pada Minggu, (13/7/2021)

Kapolres Majene AKBP Febryanto Siagian menjelaskan, Dua kasus pencurian yang berhasil diungkap petugas Satreskrim Polres Majene ini dengan modus yang berbeda. Satu modusnya pencurian dan kekerasan dimana tersangkanya melakukan pencurian dengan memaksa.

“Dimana seorang wanita korban itu lalu dibonceng oleh seorang pria, tapi tidak sampai ke tujuannya, di tengah jalan dia terjatuh, kemudian hanphone yang tergantung di lehernya dirampas oleh pelaku,” jelas Febryanto Kapolres Majene yang baru sehari bertugas di Majene, saat menggelar Press Release di Polres Majene, Selasa (10/8/2021).

Baca juga  Seorang Warga Sendana Diduga Jadi Korban Hipnotis

Menurut AKBP Febryanto, kronologi kejadian bermula saat mahasiswi berinisial SN (18) mencari tumpangan di sekitar Jl Ahmad Yani, tiba-tiba seorang pria pengendara motor lalu berhenti dan menawarkan tumpangan. 

“Mudusnya terduga pelaku AL (28) sengaja memberikan tumpangan kepada korban, namun korban mulai curiga ada yang tidak beres, ditengah jalan korban pun memutuskan melompat dari boncengan motor, disaat korban terjatuh terduga pelaku dengan mudah mengambil paksa handpone milik korban yang digantungkan di lehernya, ini kasus pertama,” kata Febryanto.

Baca juga  Tim Passaka Polres Majene Amankan Terduga Pelaku Pencurian Ranmor

Sementara kasus kedua kata Febryanto modusnya berbeda yaitu pencurian dan pemberatan, dimana korbanya sedang tertidur dan pintunya terbuka sedikit, disaat itulah terduga pelaku melihat ada handphone di dalam rumah korban, kemudian pelaku mengambilnya.

“Korbanya merupakan tetangganya sendiri inisial AH (49) seorang ANS, sementara terduga pelaku inisial HM (27) bersama terduga pelaku lainnya saat ini sudah kita amankan di Mapolres, berikut barang buktinya, 1 unit smartphone dan sebuah sepeda motor sebagai barang bukti. Satu tersangka diringkus di Jl Jendral Sudirman Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman,” ungkapnya.

Baca juga  Cemburu, Seorang Pemuda di Pasangkayu Nekad Tikam Korban Hingga Tewas

Febryanto menambahkan, kasus tersebut terungkap atas laporan dari kedua korban, salah satunya yang beralamat di Lingkungan Lembang yang melapor ke Polres Majene setelah korban mengalami kejadian pencurian

“Berdasarkan LP/78/VI/2021/Polda Sulbar/Res Majene/SPKT, tanggal 14 Juni kemudian anggota kami mengejar tersangka pelaku hingga berhasil meringkusnya di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar,” pungkasnya

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, terduga pelaku berinisial AL (28) mendekam di sel tahanan Mapolres Majene. Terduga pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 9 tahun.(Indra Saputra).