DPD RI Sulbar : Satu Petahana, Tiga Wajah Baru lolos ke Senayan


Foto : Facebook

Sulbar99.com. Tiga wajah baru lolos ke senayan dalam pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Wilayah Sulawesi Barat. Mereka adalah Ajbar, Almalik Pababari dan Andri Prayoga. Sedangkan satu petahana anggota DPD yang masih tetap lolos ke senayan adalah Iskandar Muda Baharuddin Lopa. Hal ini terungkap setelah KPU melakukan rapat pleno dan menetapkan ke empat senator tersebut, Kamis (9/5).

Baca juga  Terjawab Sudah, Rekomendasi Partai Nasdem di Barru pada Pilkada Serentak 2020

Ajbar adalah mantan anggota DPRD provinsi daerah pemilihan Polman periode 2014-2019, demikian pula Almalik Pababari juga merupakan mantan anggota DPRD provinsi Sulawesi Barat tiga Periode daerah pemilihan Mamuju sekaligus mantan bupati Mamuju. Sedangkan Andri Prayoga Singkarru adalah wirausahawan muda yang bergerak di bidang otomotif.

Baca juga  Asnuddin Sokong : Majene itu Ibukota Afdeling, Mestinya Lebih Maju dari Kabupaten Lain di Sulbar

Berdasarkan hasil pleno KPU dari enam kabupaten, Andri Prayoga Singkarru mendapatkan suara terbanyak dengan 68.870 suara yang tersebar di enam kabupaten. Suara Andri paling banyak dari daerah Polman dengan 33.914 suara. Menyusul Iskandar Muda baharuddin Lopa dengan 51.027 suara. Putra Almarhum Baharuddin Lopa ini juga menjadikan Polman sebagai lumbung suara dengan 26.580 suara khusus di Polman.

Baca juga  Fahmi Massiara Masih Mendalami siapa yang Mendampingi pada Pilkada 2020.
Almalik Pababari menyusul dengan suara terbanyak ketiga dengan mengumpulkan 50.434 suara. Mamuju sebagai lumbung suara mantan Bupati mamuju itu dengan berhasil meraih 24.195 suara. Anggota DPD terakhir yang lolos ke senayan adalah Ajbar dengan memperoleh 50.390 suara. Lagi lagi Polman menjadi lumbung suara mantan anggota DPRDtersebut dengan suara 28.071. (IM)


POLITIK