Dirjen PPKTrans Aisyah Terima Kunjungan Pemkab dan DPRD Pesisir Selatan


SULBAR99NEWS.COM-JAKARTA – Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKT), Aisyah Gamawati menerima audiensi Wakil Ketua DPRD dan Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat di Jakarta, Senin (15/11/2021).

Dirjen Aisyah yang didampingi semua Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Ditjen PPKTrans mengapresiasi kedatangan rombongan dari Kabupaten Pesisir Selatan.

Dirjen Aisyah menjelaskan, Puncak peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-71 direncanakan diadakan di Halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

“Menteri Desa, PDTT direncanakan akan memimpin Puncak Peringatan HBT ke-71,” kata Dirjen Aisyah.

Baca juga  Perpres No. 68/2019: Inilah Tugas dan Fungsi Kementerian Kelompok I, II, III dan Kementerian Kordinator

Dirjen Aisyah menuturkan, agenda acara diawali dengan kedatangan Menteri Desa PDTT dan rombongan di hari Sabtu, tanggal 11 Desember 2021. Dilanjutkan dengan ramah tamah dengan Gubernur Sumatera Barat dan menuju Painan, Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan.

Agenda makan malam dengan Bupati Pesisir Selatan dan keesokan harinya upacara di Halaman kantor Bupati.

“Peserta yang akan mengikuti adalah seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Pesisir Selatan dan rombongan dari Kementerian,” kata Dirjen Aisyah.

Rombongan akan menuju Padang setelah upacara dan kembali ke Jakarta.

Baca juga  Gus Menteri Lantik Sembilan Pimpinan Tinggi Madya Kemendes PDTT, Ini Namanya

Dirjen Aisyah beserta tim akan melanjutkan kegiatan bakti sosial dan kunjungan ke KTM Lunang Silaut di hari Senin 13 Desember 2021.

Kadis Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten menjelaskan, Pemerintah Kabupaten menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan HBT.

Kadis PerdagTrans menjelaskan apabila cuaca tidak memungkinkan akan diadakan di Aula Kantor Bupati. Kadis menyarankan rombongan untuk untuk menginap di Painan di Sabtu malam, dan ada kelanjutan kegiatan di lokasi KTM.

Pada kesempatan tersebut juga diusulkan program embung,cetak sawah dan perbaikan pusat bisnis di KPB Lunang Silaut.

Baca juga  Majene Pertahankan Predikat B pada Ajang SAKIP Award 2020

Wakil Ketua DPRD menjelaskan bahwa ada anggota DPRD yang dulu merupakan anak transmigran.

Wakil Ketua juga berharap ada dukungan program untuk menghidupkan fasilitas yang ada di KTM untuk memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

KTM Lunang Silaut termasuk ke dalam 52 kawasan transmigrasi Prioritas Nasional.

Sesditjen PPKTrans, Sigit Mustofa, menjelaskan bahwa dukungan APBN ke Kawasan Transmigrasi sudah cukup banyak, meskipun disadari bahwa tidak bisa maksimal karena keterbatasan anggaran.

“Disinilah peran kolaborasi lintas Kementerian/Lembaga dalam upaya pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi,” kata Sigit.(ih)