Dinilai Daerah Rawan Stunting, Bunda PAUD Masukkan Lima Sekolah di Wilayah Itu ke PAUD HI


SULBAR99.COM-MAJENE, Bunda PAUD Dra. Hj. Fatmawati Fahmi, menambahkan jumlah sekolah PAUD HI yang sebelumnya 35 menjadi 40 Sekolah atau TK, Selasa (11/2/2020).

Kelima sekolah TK/PAUD tersebut yakni satu di kecamatan Banggae, dua di Pamboang, satu di sendana dan satu di Ulumanda.

Sekadar diketahui, PAUD HI atau PAUD Holistik Integratif adalah sebuah bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Pelaksanaan PAUD HI dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif.

Baca juga  500 Anak Usia Dini Unjuk Bakat dan Kreativitas di Hadapan Bunda PAUD

“Hari ini sudah dimulai pelaksanaan PAUD HI secara menyeluruh, yang tersebar di delapan kecamatan. Dari 40, sudah hadir semua fasilitatornya, ” ujar Fatmawati.

Selaku bunda PAUD, lanjut Fatmawati, dirinya memantau sasaran di Pamboang dan di TK luaor yang baru dimasukkan. “Semua sudah baik, para kadernya berjalan dengan baik, hanya saja ada beberapa catatan, kader harus pro aktif lagi, kelompok orang tua kehadirannya agar dimaksimalkan,” urainya.

Baca juga  Kodim 1401 Majene Gelar Karya Bhakti, Bantu Perbaiki Rumah Ibadah

Bunda PAUD mengapresiasi, ada kelompok parenting (orang tua siswa) yang bertanya kepada Bunda PAUD, bagaimana mengenali makanan yang tidak aman untuk bekalan anak pergi sekolah.

Di Pesuloang, tingkat pendidikan orang tua kebanyakan, pendikannya masih rendah bahkan ada yang tidak tahu membaca. “Diminta fasilitator untuk mengenalkan jajanan yang aman dikomsumsi,” tambahnya kepada fasilitator yang hadir.

Dari 40 fasilitator, lanjut Fatmawati, ada dokter gigi, dokter umum dan dokter anak, ada dari dinas pendidikan, kemenag, dari kesehatan, Pemberdayaan perempuan dan anak. “Mudah mudahan tahun ini bisa lebih baik. Pemkab memberi alokasi, tambahannya ini daerah yang satu di Banggae, satu di Pamboang, dua di Malunda dan satu di Sendana,” tambahnya.

Baca juga  243 Anak Ramaikan Gebyar PAUD di Barru

Tahun ini, fasilitator sudah tanda tangan pakta integritas, agar betul betul melaksanakan tugasnya secara tanggung jawab, melaksanakan dengan baik. “Baik pengelola maupun fasilitator, tahun lalu dievaluasi sekali setahun, sekarang setiap tiga bulan, fasilitator dievaluasi kehadirannya, pengelola sejauh mana pengelolaannya. “Saya kira itu, pelaksanaan PAUD HI yang terdiri dari 40 ini agar semakin hari semakin baik. (Satriawan)


DAERAH