Di Majene, Wabup Pangkep Sebut Jangan Lagi Ada Kasus “Sappol”


Wakil Bupati Pangkajene Kepulauan Syahban Sammana. (foto : Prokopim Majene)

Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Pangkajene Kepulauan di Kabupaten Majene di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Senin (18/10/2021).

Maksud kunjungannya untuk mengetahui penerapan dan pengawasan penegakan Peraturan Daerah Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Pemerintah
Kabupaten Pangkajene Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Majene. Rombongan dari Dinas Satpol PP Kabupaten Pangkep tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Pangkajene Kepulauan Syahban Sammana.

Wakil Bupati Majene Arismunandar yang menerima secara resmi mengaku bahagia dengan kehadiran Wabup Pangkajene Kepulauan beserta Satpol PP di Kabupaten Majene. Selain mempererat silaturahmi antar kedua daerah, juga menjadi momen untuk bertukar informasi yang strategis.

Baca juga  Kadinsos Mamuju Tepis Pemberitaan Beras Bantuan Tak Layak di Bonehau

Termasuk Implementasi penegakan Peraturan Daerah Tentang Kawasan Tanpa Rokok no 6 tahun 2016 dimana dalam Perda tersebut ada beberapa indikator terkait untuk penerapan kawasan tanpa rokok seperti di lokasi tempat fasilitas layanan kesehatan, tempat belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat bekerja, angkutan umum dan tempat umum lainnya.

Untuk upaya penegakan perda, kata Aris selalu dilakukan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat dan khususnya di sekolah sekolah. “Agar edukasi bukan saja mengingatkan agar tidak merokok di tempat yang telah dilarang tapi juga ada upaya penyadaran untuk berhenti merokok,” ujarnya.

Baca juga  Gugus Tugas Covid-19 Majene Imbau Masyarakat, Hindari Kerumunan

Senada dengan hal tersebut Wakil Bupati Pangkajene Kepulauan Syahban Sammana berharap agar Satpol PP bekerja dengan humanis di masyarakat. Jangan lagi ada kejadian “Sappol” seperti oknum di Kabupaten Gowa yang bertindak represif saat bertugas. “Saya selalu tekankan jangan marah, masyarakat jangan ditekan kita kerjasama TNI Polri melakukan edukasi, cukup bilang minta tolong secara perlahan, ” ucapnya.

Baca juga  Salmawati Apresiasi Masyarakat Galung Dorong Daerahnya Jadi Sentra Kambing
Foto : Prokopim Majene

Kunjungan tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan 20 orang Satpol PP Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Turut hadir mendampingi Wabup Majene Ka Satpol PP Majene, kepala BPBD, Kadis LHK. Kepala Kesbangpol, Kadiskominfo, Sekretaris Dinas Perkimtan, Perwakilan Dinkes serta seluruh jajaran Satpol PP Majene.

Selain itu juga dilakukan pertukaran cinderamata antar kedua Kabupaten serta penyerahan Perbup Kawasan Tanpa Rokok no 6 Tahun 2016 Kabupaten Majene. (ih)


MAJENE