Dewan Pers Gelar Workshop Bagi Jurnalis

  • Bagikan

SULBAR99.COM.MAMUJU-Puluhan jurnalis se Sulawesi Barat mengikuti workshop peliputan pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019,¬† yang diselenggarakan Dewan Pers Kamis, (10/10/2019) di hotel d’Maleo Mamuju

Workshop yang dipandu oleh Direktur Utama Sulbar Exspres, Naskah Nabhan diikuti jurnalis dari media cetak, elektronik dan media siber yang ada di Sulbar.

Narasumber dalam workshop ini adalah anggota Dewan Pers, Ahmad Jauhari, dengan topik yang disampaikan “Pers dan Pesta Demokrasi, melihat kembali posisi Pers selama pelaksanaan Pemilu 2019.

SelaIn itu, anggota dewan pers lainnya Jamalul Insan juga sebagai nara sumber, topik yang disampaikan adalah peliputan berita pasca dan persiapan menyambut Pilkada  2020.

Dr.Rahmat Idrus dari Akademisi juga sebagai narasumber, topik yang disampaikan Dinamika dan Harapan pada Pers di Daerah untuk mengawal Pemilu 2019, serta Dewi Sri Sotijaningsih, dari Bappenas.

Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan mengatakan, bahwa suksesnya pelaksanaan pemilu itu tidak terbatas hanya sampai pada pelaksanaan pemilu, tetapi hasilnya harus dikawal oleh pers untuk diawasi.

“Kita meminta dan mengajak kawan-kawan jurnalis, apa yang telah dipilih oleh rakyat, agar dikawal, bagaimana janji-janji mereka, apa yang disampaikan ke massa kampanye, bisa kita awasi, sehingga betul-betul hasil pemilu itu dapat dirasakan masyarakat,” kata Jamalul Insan.

Selain membahas peliputan pasca pemilu 2019, workshop juga membahas soal Uji Kompetensi Wartawan dan verifikasi media oleh Dewan Pers. (Ali)

  • Bagikan