Dana Kemanusiaan Kompas Bangun Kembali SD di Malunda yang Roboh Pasca Gempa Majene

  • Bagikan

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Peresmian dan Serah Terima Bangunan Hibah Bantuan Kemanusiaan Pembangunan SD Negeri 4 Mekkatta Kec. Malunda.
Dari Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas, Pasca Bencana Gempa Bumi di Desa Mekkatta, Senin, 29 November 2021.

Dihadiri Wakil Bupati Majene, Para Staf Ahli Bupati, Asisten III, Kadis. Dikpora, Kadis. PU PR, Kasatpol. PP, Inspektur Inspektorat, Kadis. LHK, Kadis. Koperindag, Camat Malunda, Kapolsek Malunda, serta tamu undangan lainnya.

Rombongan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) Rusdi Amral, Direktur Kerja Sama Antar Lembaga, Harian Kompas, Y. Anung Wendyartaka, Manager Executif YDKK., F. Natalis Lakaseru, Executif Legal YDKK, M.Final Daeng, Kepala Biro Harian Kompas Makassar, Saffri Sitepu, Kepala Biro Kompas TV Makassar ( FKD Makassar), Yuli Priyono, GM Hotel Santika Makassar ( FKD Makassar) dan Zaenal Abidin, Koordinator proyek YDKK.                             

Kepala SDN 4 Mekkatta Nasaruddin mengatakan, SDN 4 Mekkata salah satu sekolah yang menghadap dua  masalah besar, yaitu  pandemi covid 19 dan gempa bumi pada 15 januari lalu. kedua bencana tersebut mempengaruhi proses belajar mengajar. “Suatu kesyukuran yang amat besar, bantuan pembangunan SD 4 Mekkatta dari Yayasan Kompas Group akhirnya bisa di nikmati. Mewakili keluarga Besar SD 4 Mekkatta dan warga Desa Mekkatta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga bisa menjadi amal ibadah disisi Allah SWT,” ujarnya.

Kadis. Dikpora H. Mithar, S. Pd, M. Pd. bersyukur atas peresmian gedung sekolah SD 4 Mekkatta dilakukan bersama-sama.  “Meski seluruh sekolah di Kecamatan Malunda dan Ulumanda telah diintervensi baik pemerintah dan lembaga di bidang kemanusiaan, namun intervensi yang dilakukan yayasan kompas group  sangat luar biasa. Kalau ditempat lain, mungkin hanya beberapa ruangan belajar atau berupa tenda, namun ditempat ini, Yayasan Kompas membangunkan satu gedung  termasuk perangkat didalamnya seperti buku buku perpustakaan.
Mulai hari ini setelah ditanda tangani Berita Acara Serah Terima Bangunan dari Kompas Group kepada Pemkab. Majene, maka hari ini juga Sekolah ini sudah dapat digunakan untuk proses belajar mengajar,” ujarnya.

Direktur Kerjasama antar lembaga Harian Kompas Rusdi Amral mengatakan, begitu terjadi musibah di Sulbar, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) langsung diberikan amanah dari para donatur atau dari pembaca kami dengan mengumpulkan dana sebesar Rp 1,3 M untuk disalurkan. Kemudian pihaknya menunjuk tim mulai dari Mamuju dan Majene, hingga dipilih lokasi di SDN 4 Mekkatta. “Kegiatan tersebut  menjadi sebuah berkah dan sudah menjadi panggilan kami menitipkan jejak kami disini. Bukan hanya di Majene tapi mulai dari  Aceh hingga Papua, setiap ada bencana kami mencoba lebih cepat bereaksi membawa bantuan  dan tepat sasaran. Kami pilih Mekkatta, karena  kami sadar tempat ini jauh dari pusat kota Majene, ” ujarnya seraya menitip pesan agar gedung yang telah dibangun tersebut dirawat dan dapat berumur selama mungkin, agar  anak-anak lebih semangat dalam belajar.

Wakil Bupati Majene Arismunandar juga berterima kasih banyak atas semua bantuannya. “Bencana gempa bumi lalu menjadi pukulan yang luar biasa di awal tahun, namun kami tetap bersyukur karena dari cobaan tersebut silaturahmi dan rasa kekeluargaan semakin  erat. Bahkan saat ini kami mendapatkan saudara-saudara  baru salah satunya YDKK yang telah membantu pembanguan infrastruktur pendidikan di Majene khususnya di Malunda. Terima kasih banyak pak, kedepan kalau melintas jangan lupa mampir karena Majene khususnya Mekkatta sudah menjadi rumah dari Kompas Group. Saya juga mengusulkan ke kepala sekolah agar menyertakan nama Kompas di beberapa fasilitas di sekolah, misalnya Aula atau Mushollah sebagai bentuk terima kasih kita kepada Kompas,” bebernya. (ih)

  • Bagikan