Catat, Mendagri Larang Lomba Agustusan 2021


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (foto : pikiran rakyat)

SULBAR99NEWS.COM-JAKARTA, Perayaan lomba Agustusan tahun ini mendapat larangan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Hal ini dibuktikan dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Mendagri tentang Pedoman Teknis Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia Tahun 2021.

Dikutip dari kompas.com, SE bernomor 0031/4297/SJ itu diteken Tito Karnavian pada 10 Agustus 2021 dan ditujukan kepada para gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia.

Baca juga  Transmigrasi Sangat Membantu Kegiatan Ekonomi di Paser

Berdasarkan salinan SE dari Kemendagri tersebut, terdapat lima poin teknis pelaksanaan perayaan HUT ke-76 RI yang ketentuannya disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19.

Salah satu yang diatur yakni larangan menggelar perlombaan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Tidak mengadakan perlombaan yang berpotensi terjadinya kerumunan yang dapat menimbulkan penularan Covid-19,” demikian bunyi poin ke-4 SE Nomor 0031/4297/SJ.

Kemudian, pada poin kelima diatur bahwa pelaksanaan perlombaan dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi informatika atau melalui media virtual.

Baca juga  Kemendes PDTT Ingatkan BUM Desa Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Digital

Sementara itu, pada poin kedua disebutkan bahwa kegiatan seremonial dilaksanakan maksimal 30 orang dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Perayaan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2021 agar dilaksanakan secara sederhana tanpa mengurangi kekhidmatan atas peringatan hari bersejarah bagi Negara Republik Indonesia,” demikian bunyi poin pertama SE.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak menggelar kegiatan yang memicu kerumunan dalam rangka peringatan kemerdekaan RI yang ke-76 tahun.

Baca juga  Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan Gas Elpiji 3 Kg di bulan Ramadhan.

Daripada menggelar perlombaan yang dihadiri banyak orang, Wiku menyarankan agar peringatan 17 Agustus dilakukan secara virtual.

“Tanpa menghilangkan rasa cinta Tanah Air, kita dapat merayakan hari kemerdekaan dari rumah, misalnya dengan jenis perayaan virtual saja,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (6/8/2021). (*)


NASIONAL