Bupati Polman AIM Serahkan 36 Ekor Kambing dan 3 Sapi di Desa Mombi


SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Bupati Polman H. Andi Ibrahim Masdar serahkan bantuan kambing dan sapi di desa Mombi kecamatan Alu, Rabu, 8 September 2021.

Kunjungan Bupati Polman serahkan kambing 36 ekor dan sapi 3 ekor atas kerjasama pemerintah daerah dan DPRD kabupaten Polman. AIM didampingi kepala dinas Pertanian dan peternakan Polman, anggota DPRD Muliadi Sanusi, camat Alu Hamsah Ismail.S.Pd, kepala desa Mombi Yusuf bersama Babinkantibmas Aipda Ahmad.

kepala dinas Pertanian dan peternakan Polman memberikan penyuluhan bagaimana tata penyebaran perkembangan terbaik kambing dan sapi, agar bisa berkembang biak dengan baik.

Anggota DPRD kabupaten Polman Muliadi Sanusi menjelaskan, ini semuanya atas kerjasama pemerintah daerah dan DPRD kabupaten Polman. “Sapi dan kambing yang sudah diserahkan ke pemiliknya, sudah didaftar ternaknya, agar dijaga dengan baik. Mudah-mudahan bisa jadi penghasilan tambahan untuk masyarakat penerima aspirasi,” tuturnya.

Baca juga  Kuliah Umum di Jombang, Gus Menteri Jelaskan BUMDes Itu Seperti Apa

Muliadi menambahkan, 200 ekor kambing dan 10 ekor sapi untuk anggaran tahun 2022 kembali akan dibagikan ke seluruh desa yang ada di kabupaten Polman. “Semuanya itu tidak bisa dimonopoli siapapun. Adapun 8 kegiatan yang sudah dianggarkan untuk tahun 2022 sebesar Rp 410 juta, termasuk pembuatan drainase, perbaikan jalan, pengadaan bibit kopi dan kontak babi,” ujarnya.

Muliadi juga menyampaikan kepada AIM agar pengadaan sapi dan kambing jangan dikurangi.

Sementara itu, Bupati Polman H. Andi Ibrahim Masdar, Muliadi mengungkapkan, ini adalah hasil pokok pikiran dari Muliadi Sanusi sebagai anggota DPRD kabupaten Polman. ” Adanya aspirasi ini, saya berharap bisa membantu penghasilan tambahan masyarakat dan betul betul dipelihara. Masyarakat yang mendapatkan ternak bisa mengembangbiakkan dengan baik, karena desa Mombi banyak ditumbuhi pohon lamtoro. Pangan ternak yang berlimpah disukai kambing, ” ungkapnya

Baca juga  Desa Peduli Anak, Penyediaan Smartphone dan Internet Bagi Anak Tidak Mampu

AIM berharap, kedepannya bisa berlanjut kembali dan tidak seperti daerah lain yang saat itu hari ini diberikan ternak kambing, besoknya sudah ada dijual di pasar Wonomulyo. “Jadi harapan kedepannya agar masyarakat desa Mombi bisa mengembangbiakan dengan baik, jika sudah ada generasinya terserah mau dijual yang mana, anak apa indukannya. Yang penting masih ada yang dikembang biakkan lagi, ” tambahnya.

Andi Ibrahim Masdar menambahkan, kepala dinas Pertanian dan peternakan agar kedepannya pembelian bibit yang bermutu tinggi dilakukan di luar seperti di daerah Jawa. “Di Bogor peternakan kambing di sana itu dia membeli langsung dari Australia, jenis kambing Mulya yang postur tubuhnya tidak tinggi. Dia pendek tapi lebar/gemuk dan berisi seperti anakan sapi dan harga jualnya juga tinggi yang dapat memberikan keuntungan besar bagi masyarakat Polman. Jadi masyarakat betul betul memperhatikan ternaknya, jangan dilepas liarkan seperti sapi karena kambing kita yang memberikan pakan,” tuturnya.

Baca juga  Gus Menteri : SDGs Pembangunan Total Desa, Harus Dirasakan Manfaatnya Warga Desa Tanpa Ada yang Terlewat

H.Andi Ibrahim Masdar sangat senang melihat anggota DPRD seperti Muliadi Sanusi sangat aktif turun ke lapangan memberikan motivasi kepada masyarakat. ” Kita pun ikut kerja dengan baik dan masa pandemi ini harus rajin-rajin masyarakat bersinergi agar jangan banyak-banyak di rumah, agar sebisanya lebih banyak bekerja,” ujar AIM seraya mengucapkan banyak terima kasih kepada Muliadi Sanusi sebagi anggota DPRD kabupaten Polman yang selalu memberikan motivasi. (Syarifuddin Andi)


SEPUTAR DESA