Binatang Kaki Seribu Masuk ke Rumah Anda, Ini Cara Basminya


Binatang Kaki Seribu. (Foto : Among Guru)

SULBAR99NEWS.COM Hewan kaki seribu memiliki sebutan lain luwing merupakan salah satu hewan yang cukup menggelikan. Selain rupanya yang mirip dengan lipan, hewan ini juga kerap menjadi hama yang meresahkan masyarakat.

Cara membasmi hama ulat kaki seribu cukup mudah dan sederhana. Hewan yang melindungi dirinya dengan melingkarkan tubuh ini memang tidak terlalu membahayakan seperti lipan.

Bahaya Binatang Kaki Seribu

Sebelum membahas cara membasmi hama ulat kaki seribu, ada baiknya untuk mengulik informasi terkait bahaya hewan tersebut.

Diantara bahaya yang bisa timbul akibat sengatan ulat kaki seribu yakni bisa menimbulkan penyakit pada kulit, seperti gatal-gatal atau melepuh. Pada beberapa kondisi akan terjadi pembengkakan pada area yang terjadi alergi dan dapat menimbulkan demam

Sebagai salah satu mangsa kelabang, tentunya keberadaan ulat kaki seribu akan memancing kedatangan kelabang yang sangat membahayakan bagi manusia itu sendiri. Hal ini dikarenakan, sengatan kelabang dapat mengeluarkan racun yang sangat membahayakan pada diri manusia.

Dikutip dari dayaternak.com, cara membasmi ulat kaki seribu cukup mudah, tidak perlu teknik atau pun cara yang khusus. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengusir hama ulat kaki seribu yang merugikan.

1. Menangkap Secara Langsung

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menangkapnya secara langsung. Hewan yang biasa berjalan lambat ini sangat mudah untuk disingkirkan. Hanya saja, bau yang ditimbulkan tentunya sangatlah tidak enak. Manfaatkan botol plastik dengan ukuran besar untuk menangkapnya secara langsung.

Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan stoples besar untuk menangkapnya. Ketika ulat kaki seribu telah terkumpul, lalu tutuplah botol atau pun stoples secara rapat. Buanglah ke tempat yang jauh dari lingkungan rumah.

Baca juga  20 Cara Mendapatkan Wanita

Ketika melakukan pembasmian secara langsung ini tentunya tidak bisa menggunakan tangan kosong. Pastikan tangan tertutup rapat, sehingga dapat terhindar dari senyawa racun yang bisa timbul akibat gigitan ulat kaki seribu.

2. Menggunakan Furadan

Cara membasmi hama ulat kaki seribu selanjutnya dengan menggunakan furadan. Sebagian pendapat menyatakan, penggunaan furadan dapat berpengaruh negatif pada kesuburan tanah. Namun, hal ini tentunya dapat dihindari ketika penggunaan furadan diaplikasikan sesuai aturan dengan dosis yang secukupnya.

Untuk  mengaplikasikannya yakni dengan cara menaburkan furadan di sekitar tempat yang biasanya dijadikan sebagai persembunyian ulat kaki seribu.

Hewan ulat kaki seribu biasanya bersembunyi di sekitaran batu, pot tanaman, atau bisa juga pada daun-daun yang mengering. Ketika furadan telah diaplikasikan, maka hama ulat kaki perlahan akan musnah dengan sendirinya.

3. Menggunakan Karbol

Karbol merupakan cairan berbusa yang memiliki warna putih yang memiliki aroma harum seperti sabun. Benda cair ini biasanya dimanfaatkan untuk membunuh kuman atau penyakit. Sebagian orang banyak memanfaatkan karbol untuk memusnahkan hama ulat kaki seribu yang berpengaruh dampak negatif pada lingkungan sekitar.

Baunya menyengat yang timbul dari bahan karbol bisa digunakan untuk membersihkan lantai. Kehadiran bau yang menyengat tersebut dapat mengurangi hama ulat kaki seribu. Aromanya yang tajam akan membuat ulat kaki seribu enggan untuk merayapi area lingkungan yang telah dipenuhi karbol.

4. Menggunakan Insektisida

Cara membasmi hama ulat kaki seribu lainnya yakni dengan memanfaatkan insektisida. Banyak insektisida yang dapat dimanfaatkan, seperti kapur barus yang dapat diaplikasikan dengan cara memberikan coretan pada area-area yang biasa dijadikan sebagai tempat persembunyian ulat kaki seribu.

Baca juga  Kabar Baik Buat Pekerja Kantoran, Kini Yoga Bisa Dilakukan Sambil Kerja

Selain itu, bisa juga dengan memberikan garis sekeliling rumah, sehingga terhindar dari ulat kaki seribu.

Untuk memusnahkan ulat kaki seribu pada perkebunan bisa dengan cara memilih insektisida yang ramah lingkungan yang tetap menjaga kesuburan tanah. Aplikasikan insektisida dengan cara menyemrotkan sekitar area perkebunan, sehingga perlahan hama ulat kaki seribu dapat dibasmi.

5. Menggunakan Air Panas

Untuk membasmi ulat kaki seribu lainnya yakni bisa dengan menggunakan air panas. Bisa dilakukan dengan cara merebus air hingga mendidih, lalu semprotkan atau tuangkan pada area-area di mana ulat kaki seribu bersembunyi.

Pastikan air yang dituangkan dalam keadaan panas mendidih. Perlahan hewan ulat kaki seribu akan kapok untuk mengunjungi area tersebut.

Ketika hewan ulat kaki seribu muncul pada tempat lainnya, maka bisa dilakukan dengan cara yang sama. Air mendidih yang dituangkan akan membuatnya kepanasan dan kapok untuk merayap ke lingkungan tersebut. Dengan begitu, perlahan hama ulat kaki seribu pun dapat diatasi.

6. Menggunakan Daun Pandan

Selain cara di atas, cara membasmi hama ulat kaki seribu juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami seperti daun pandan. Selain aman, bahan yang satu ini tentunya ramah lingkungan untuk digunakan.

Keberadaan daun pandan akan menimbulkan aroma menyengat yang dapat membuat ulat kaki seribu mabuk dan akhirnya musnah.

Cara penggunaannya yakni cukup dengan meletakkan daun pandan pada tempat persembunyian hewan ulat kaki seribu. Selain itu, letakkan pula daun yang memiliki aroma wangi ini pada area yang biasa dilalui ulat kaki seribu.

7. Menaburkan Garam Dapur dan Merica

Taburan garam tidak hanya membuat terhindar dari serangan/ keberadaan ular. Namun, garam juga dapat dimanfaatkan dalam pembasmian hama ulat kaki seribu.

Baca juga  Pria Yang Senang Berselingkuh Dengan Wanita Muda Memiliki Resiko Kematian Yang Lebih Cepat

Caranya cukup mudah yakni dengan menaburkan garam secara merata pada area yang kerap dijadikan tempat persembunyian ulat kaki seribu.

Pengusiran dengan cara ini tentunya sangat mudah dilakukan, taburan garam akan membuat ulat kaki seribu merasa sakit dan sulit untuk bergerak. Ketika hal tersebut terjadi, maka hama pun dapat dibasmi secara mudah.

Selain taburan garam, bisa juga dengan memanfaatkan merica dengan cara yang sama dan akan memberikan hasil yang sama pula.

8. Memanfaatkan Sinar Matahari

Ketika lahan perkebunan atau pun area rumah kedatangan hama ulat kaki seribu, maka harus segera dibasmi. Cara membasmi hama ulat kaki seribu bisa dilakukan dengan memanfaatkan sinar matahari.

Area yang lembab lebih rentan didatangi ulat kaki seribu, oleh karena itu manfaatkan sinar matahari untuk menyinari area yang lembab tersebut. Gunakan berbagai cara untuk menjaga sinar matahari tetap terjaga dengan baik menyinari lingkungan.

Untuk area rumah, pastikan untuk sering membuka jendela sehingga sinar matahari dapat masuk. Adapun untuk lahan perkebunan agar tetap disinari matahari yakni dengan menghindari rerimbunan pada perkebunan.

Hal ini dapat dilakukan dengan memangkas setiap tanaman yang tinggi, sehingga kelembaban pun dapat berkurang.

Demikianlah uraian terkait bahaya dan cara membasmi hama ulat kaki seribu yang bisa dilakukan secara mudah dan sederhana. Namun, sebelum membasmi tentunya lebih baik untuk mencegahnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga lingkungan tetap bersih serta menghindari hal-hal yang dapat mengundang kedatangan hewan ulat kaki seribu. (***)


LIFESTYLE