Bidan Muda Aisyah Lisa, Pahlawan Jumat Dini Hari di Botteng Utara


SULBAR99NEWS.COM-TAPALANG, Ketika bumi Mamuju-Majene berguncang hebat kedua kalinya pada Jumat (15/1) dini hari silam, nyaris seluruh warga Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, tengah lelap tertidur. Seketika semua berhamburan keluar rumah. Ada pula yang tak sempat berkelit, terjebak dalam reruntuhan bangunan. Belum lagi suasana gulita karena listrik mati dan hujan lebat datang mengguyur. Sempurnalah kondisi mencekam dini hari itu.

bidan Aisyah Lisa tampak lemah di sebuah kursi yang dijadikannya tempat tidur. (Foto : Obayminoral)

Adalah bidan muda, Aisyah Lisa (22), yang usai gempa menguatkan hati dan mentalnya, bergegas meraih peralatan medisnya, lalu berjibaku menolong satu per satu warga Dusun Popanga dan Sendana, Desa Botteng Utara. Dikuat-kuatkannya nyalinya, melawan kepanikan dan ketakutan.

Baca juga  Dalam Sehari, Dua Warga Teppo Majene Digigit Hewan Liar

Di tengah guyuran hujan, jerit warga putus asa, tangan gemetar Bidan Lisa mulai menjahit luka di kepala dan bagian tubuh lainnya dari warga yang cidera. “Semua tahan dulu sakitnya, tunggu satu per satu”, hiburnya, yang mengaku nyaris tak kuat melihat warga yang berharap banyak pada pertolongannya.

Baca juga  Kapolres Majene Imbau Warga Tak Libatkan Anak Kecil Lakukan Konvoi Kemenangan

Bidan Lisa, dialah pahlawan super sesungguhnya dini hari itu. Tidak ada bantuan medis dari mana pun, karena hampir seluruh wilayah kabupaten lumpuh. Ia sendiri ‘hanyalah’ seorang bidan magang (volunteer), dan baru satu tahun mengabdi di sana. Tak terasa, ia melayani lebih 200 KK, tubuhnya basah kuyup, sementara alat dan obat-obatan terbatas.

Baca juga  Aliansi Masyarakat Merah Putih Majene, Gelar Aksi Demo Tolak FPI

“Dia seperti malaikat malam itu, semua orang minta tolong dan dia berusaha fokus satu per satu”, terang Dewi, seorang warga –seperti yang diceritakan sahabat saya Pak Sunaryo Adhiatmoko, saksi epik kepahlawanan bidan muda.

Lewat sembilan hari berlalu pascagempa, Bidan Lisa tumbang. Ia terbaring lemas di sudut rumahnya di Popanga yang tampak retak; kelelahan, dan tampak kurang sehat.

Sumber : WhatsApp

Editor : Satriawan