Terbaik terbaik

Dibaca : 57 kali.

BI Perwakilan Sulbar Gelar Bazar UMKM dan Peresmian Transaksi QRIS


Kepala Perwakilan BI Sulbar, Budi Sudaryono didampingi Kepala Bank Sulselbar Cabang Majene, Akhmad Ridha pada acara Pekan QRIS Nasional, di pelataran gedung Assamalewuang Majene.

SULBAR99.COM-MAJENE, Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Barat terus mendorong masyarakat  untuk menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada sistem pembayaran bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan BI Sulawesi Barat, Budi Sudaryono usai mengikuti acara Bazar UMKM dan Peresmian Transaksi QRIS dalam rangka Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020, Selasa (10/03/2020) di Pasar Sentral Majene.

Turut hadir Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji dan sejumlah pimpinan OPD Majene.

Menurut Budi Sudaryono, kehadirannya di Pasar Sentral Majene ini dalam rangka Pekan QRIS (QR Code Indonesia Standar) satu minggu penuh, tujuannya untuk sosialisasi dan inplementasi QRIS. Kami ingin agar QRIS ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Baca juga  PNS Keluyuran Saat Jam Kerja, Siap-siap "Diambil" Satpol-PP

“Pekan QRIS secara nasional ini digunakan khusus untuk sosialisasi, termasuk ke pasar sentral, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa begitu mudahnya menggunakan transaksi dengan QRIS, dan ini menguntungkan bagi yang belanja, begitu juga bagi penjualnya,” ucap Budi Sudaryono.

Ia juga mengatakan, untuk di pasar sentral Majene sendiri, pelaku UMKM yang sudah menggunakan transaksi QR Code sebanyak 20 orang, sementara di luar pasar sentral juga banyak masyarakat yang menggunakan transaksi QR Code hasil garapan Bank Sulselbar Cabang Majene, termasuk di tempat-tempat wisata, juga sudah menggunakan QRIS.

Baca juga  Kontraktor Bisa Ajukan Kredit Kontruksi ke Bank Sulselbar Majene

“QRIS adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Jadi pelaksanaan pekan QRIS Nasional 2020 dimaksudkan untuk mencapai tujuan tahap implementasi, kami juga berharap ini semakin berkembang di Majene,” pungkasnya.

Kepala BI Perwakilan Sulbar, Budi Sudaryono mengunjungi pelaku UMKM di Pasar Sentral Majene

Sementara itu, Kepala Bank Sulselbar Cabang Majene Akhmad Ridha mengatakan, PT Bank Sulselbar sebagai salah satu penyedia jasa keuangan, berkomitmen untuk memfasilitasi dan mendorong program QRIS, gerakan nasional non tunai untuk menjadikan transaksi menjadi lebih aman dan lancar.

“Adapun kontribusi Bank Sulselbar dalam transaksi non tunai saat ini berupa penggunaan uang elektronik (Unik), yaitu kartu Uangta’ Bank Sulselbar mobile bangking, dan Bank Sulselbar Apps, dengan berbagai fasilitas dan kelebihannya,”terang Akhmad Ridha

Ia juga mengharapkan inplementasi QRIS kedepan semakin diperluas dan mendapat dukungan dari seluruh pihak terkait, ini dalam rangka menyukseskan layanan non tunai dengan melibatkan pelaku-pelaku industri, seperti pelaku UMKM dan transaksi retail lainnya.

Baca juga  Tepat Tengah Malam, Kegiatan Pembatasan Pergerakan Orang di Majene Selesai

“Ayo pakai QRIS, biar pelaku UMKM di Kabupaten Majene tambah eksis dan laris manis, Anggae Mappake QRIS, anna mala UMKM Manjari mapia,”katanya dalam bahasa Mandar. (Alimukhtar)