Dibaca : 27 kali.

Beredar Susunan Kabinet Jokowi Jilid 2, Ahok Gantikan Syafruddin Sebagai Menpan RB


Basuki Tjahaya Purnama

Sulbar99.com-Sejak beberapa hari yang lalu, viral beredar di dunia maya tentang susunan kabinet Jokowi –Ma’ruf. Nama Basuki Tjahaya Purnama atau yang lazim dipanggil Ahok duduk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menggantikan Syafruddin yang saat ini menjabat sebagai Menpan RB.

BTP alias Ahok diprediksi kuat menggantikan mantan Wakapolri sekaligus putra asli Mandar tersebut. Selain Ahok, beberapa nama lain yang juga disebut akan menjadi menteri kabinet Jokowi diantaranya Yusril Ihza mahendra menjadi Menkumham, Erick Tohir menjadi Menko Perekonomian, Mahfud Md menjadi  Menteri Agama dan lain-lain.

Baca juga  Komisi I DPRD Majene Berencana Undang Dinas PMD Terkait Program Marasa

Sejumlah pengamat berkomentar terkait kemungkinan Ahok menjadi menteri menggantikan posisi Syafruddin kambo. Ujang kamaruddin misalnya, Pengamat politik tersebut mengingatkan kepada Jokowi-Ma’ruf jika nantinya terpilih dan ditetapkan sebagai Presiden dan wakil presiden, agar tidak menjadikan Ahok sebagai menteri. Pasalnya, Ahok merupakan mantan terpidana kasus penistaan Agama.” Kalau merekrut Ahok, Jokowi akan Blunder setelah pemilu,”Ujar Ujang. Lebih jauh Ujang menambahkan, bakal banyak pihak yang akan menolak dan mempersoalkan Ahok jadi menteri, karena Ahok merupakan tokoh yang pernah terkait kasus penistaan agama. Dikawatirkan, penolakan ahok sebagai menteri akan datang silih berganti sehingga dapat mempengaruhi kinerja kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Baca juga  Pelanggaran Etik, Jokowi Pecat Anggota KPU Evi Novida Secara Tidak Hormat

Sementara itu, Ahok yang dikonfirmasi sejumlah media terkait posisi menteri tersebut menanggapi santai.” Enggaklah, mana mungkin gue jadi Menteri,” Ungkap Ahok kepada awak media.

Baca juga  Pilkada Majene Dipastikan Tanpa Calon Perseorangan
Bukan kali ini saja Ahok diberitakan jadi Menteri. Beberapa waktu yang lalu, Ahok bahkan diisukan akan menjadi wakil presiden menggantikan Ma’ruf Amin. Seperti yang dimuat dalam media okezone, Skema Ahok jadi wakil presiden disebutkan, Ma’ruf Amin akan mengundurkan jadi Wakil Presiden karena alasan kesehatan. Pada saat posisi Wakil Presiden kosong, Ahok akan diangkat sebagai wakil presiden untuk mengisi posisi wakil presiden yang kosong tersebut (IH)