Basarnas Mamuju Tempatkan 1 Unit KN SAR Parikesit di Perairan Sulbar, Apa Itu?


SULBAR99NEWS.COM-MAMUJU, Wilayah kerja Kantor SAR Mamuju yang mencakup perairan dan daratan yang luas, hal tersebut memiliki potensi terjadinya kecelakaan, bencana dan/atau musibah yang sangat tinggi.

Menyikapi hal tersebut, kebutuhan sarana prasarana dan peralatan SAR yang memadai akan menjadi perhatian tersendiri. Tahun 2021 ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan menempatkan satu unit KN SAR Parikesit/ SAR-251 Mamuju (Project number S-041) yang akan beroperasi di wilayah perairan Sulawesi Barat.

Sekadar diketahui, KN SAR Parikesit adalah Alut SAR kapal kelas 2 tipe kapal cepat berteknologi canggih dengan spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot. Kapal berbahan alumunium ini memiliki 3 mesin 1400hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm dengan kecepatan 20 knot.

Baca juga  Pelantikan Lukman Sebagai Bupati Majene Telah Diparipurnakan, Tinggal Menunggu SK Mendagri

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar sangat antusias dengan rencana penempatan KN Parikesit di wilayah kerja Kantor SAR Mamuju, hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Barat di ruang kerjanya. Senin, 3 Mei 2021.

Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan (Basarnas) Mamuju Saidar Rahmanjaya, S.H.M.A.P. melakukan kunjungan kerja ke Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat, didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Sulawesi Barat.

Baca juga  Safari Ramadhan di Rangas, Bupati Majene Imbau Nelayan Masukkan Proposal ke Dinas Perikanan

Dalam pertemuan tersebut Kepala Kantor SAR Mamuju menyampaikan bahwa tentang rencana penempatan Alut SAR KN Perikersit bertujuan untuk memepercepat Response Time dalam tindak awal Operasi SAR saat kecelakaan terjadi.

Dalam pertemuan tersebut juga membahas tentang penyiapan lahan sebagai rencana dermaga KN SAR Parikesit. Menurut Gubernur Sulawesi Barat, penyiapan lahan tersebut merupakan Salah satu wujud nyata dukungan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kepada BASARNAS. Hal ini pula sebagai langkah dari pemerintah Provinsi dalam menjamin keselamatan setiap masyarakat di Sulawesi Barat.

Baca juga  Kapolres Majene Imbau Masyarakat Tetap Menjaga Suasana Kondusif

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sulawesi Barat menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kantor SAR Mamuju, atas pelayanan jasa SAR yang dilaksanakan selama ini. “Kami akan selalu mendukung semua program pengembangan Kantor SAR Mamuju untuk pelayanan jasa SAR yang lebih baik untuk masyarakat Sulawesi Barat,” ujar Gubernur Ali Baal Masdar.

Rencana penyiapan lahan dermaga terletak di sekitar area Pelabuhan Belang-belang Mamuju. (Satriawan)


DAERAH