Bapemparda DPRD Sulbar Kunker ke DPRD Sulteng, Ini Kata Dalif Arsyad


Tim Bapemperda DPRD Sulbar saat foto bersama Bapemperda Sulawesi Tengah di gedung DPRD Sulteng.

SULBAR99NEWS.COM-PALU, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulawesi Barat melakukan kunjungan kerja ke DPRD Sulawesi Tengah, Jumat (28/8/2020).

Anggota Bapemperda DPRD Sulbar Muh Dalif Arsyad yang dihubungi via telepon, Sabtu (29/8) mengatakan, pihaknya melakukukan kunker ke DPRD Sulteng dan diterima langsung ketua Bapemperda Sulawesi Tengah di Gedung DPRD Sulteng. “Penguatan tugas dan fungsi alat kelengkapan DPRD untuk mendapatkan masukan serta saran dalam penyusunan program pembentukan peraturan daerah di Sulawesi Barat,” ujarnya.

Baca juga  DPRD Sulbar Minta Pemprov Negoisasi Pemilik Tanah Soal Pembebasan Lahan Gedung Farmasi

Politisi PKB itu menambahkan, dalam kunjungannya, Bapemperda Sulbar dan Bapemperda Sulteng saling sharing dan saling melengkapi dalam proses pembuatan Perda. “sebenarnya, Karena kita provinsi baru, jadi kita harus banyak belajar dari apa yang mereka sudah lakukan. Kita sharing diskusi saling melengkapi dalam tahapan pembuatan perda, ” ujarnya.

Baca juga  Serap Aspirasi, Anggota DPRD Sulbar Itol Saiful Tonra Selesaikan Dua Titik Reses

Sekretaris komisi I DPRD Sulbar itu melanjutkan, termasuk Bagaimana menguatkan badan-badan itu sendiri. “rohnya itu sebenarnya DPRD ada di Bapemperda, indikatornya itu berapa prodak perda yang dihasilkan dalam periode itu, tentunya baik secara kuantitas maupun kualitas, termasuk mengevaluasi perda-perda yang sudah dibuat terdahulu, ” tambahnya.

Baca juga  Ambo Intang Resmi Gantikan Yusri Nur di DPRD Sulbar

Banyak hal yang ingin diperbaiki saat ini, menurut Dalif, bagaimana menguatkan ini, ada rambu rambu yang jelas pembuatan perda itu sendiri. “Justru itu juga sebenarnya harus diperdakan itu tata cara pembuatan propemperda supaya ada legitimasinya, baik itu ranperda yang dari pemerintah maupun inisiasi DPRD, harus ada rambu-rambu yang jelas pada tahapannya,” tuturnya. (Satriawan)


PARLEMEN