Banjir Rob, Sejumlah Kolong Rumah Warga di Garogo “Menjelma” Jadi Laut Dangkal

  • Bagikan

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Banjir rob atau banjir yang diakibatkan air laut pasang terjadi di lingkungan Garogo Selatan Kelurahan Baru Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, Minggu (5/12/2021).

Pantauan sulbar99news, pada sore hari menjelang maghrib, sejumlah rumah panggung dan pekarangan warga Garogo tampak seperti laut dangkal akibat kemasukan air yang diakibatkan air laut pasang.

Selain itu, akibat selokan yang rendah membuat air laut di selokan penuh dan tumpah masuk ke pekarangan dan kolong rumah warga.

Akibatnya, sejumlah warga Garogo terganggu aktivitasnya akibat banjir rob tersebut.

Meski demikian, banjir rob ini tidak berlangsung lama, karena jika air laut kembali surut, banjir rob pun ikut surut. Selain surut, sejumlah pohon dan tanaman warga akan mati dan daunnya berguguran akibat terendam air laut.

Salah Seorang warga, Sulaiman mengatakan, banjir rob sudah hal yang biasa bagi warga Garogo. “Tidak terlalu mengganggu ji karena ketinggian banjir robnya hanya sedikit,” ujarnya.

Dulu, lanjut Sulaiman, sebelum dibangun tanggul di Garogo, warga apalagi anak kecil terkadang menikmati banjir rob itu. “Bisa dulu kita naik lepa-lepa (sampan) di depan rumah, waktu belum ditanggul. Tingginya sampai lutut,” ujarnya.

Meski demikian, banjir rob yang menimpa Garogo ini hanya sebagian kecil saja, karena sebagian warga dulu pernah mendapat bantuan timbunan bawah rumah, agar lebih tinggi dari jalanan, sehingga air laut tak bisa masuk. (ih)

  • Bagikan