Banjir Desa Toabo, Puluhan Warga Mengungsi, Basarnas Mamuju Turunkan Tim


SULBAR99NEWS.COM-MAMUJU, Minggu 19 Desember 2021 sekitar pukul 20.20 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju menerima laporan melalui petugas siaga dari As’at warga Desa Toabo, Kec. Papalang, tentang Bencana Alam banjir berarus yang melanda Desa Toabo Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju Sulbar.

Dari laporan yang diterima oleh petugas siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, debit air meningkat mulai pada pkl. 17.00 Wita.

Hingga Berita ini dilaporkan, beberapa warga desa telah mengungsi, dikhawatirkan adanya banjir susulan.

Baca juga  Diterjang Angin Kencang, Pasar Salutambung Roboh Timpa 5 Mobil

Menerima laporan tersebut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju Muhammad Arif Anwar, S.Sos.,M.M. memberangkatkan 1 Tim rescue untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir.

Dalam arahannya Arif menegaskan kepada tim, setiap pelaksanaan Operasi SAR selalu dan tetap menjaga keselamatan, keamanan serta tingkatkan koordinasi dan sinergisitas antara Potensi SAR yang ada di lapangan.

Pelaksanaan Operasi SAR juga perlu mengedepankan protokol kesehatan Covid 19 dimanapun berada.

Selanjutnya, tim rescue berangkat menuju lokasi kejadian dengan menggunakan Rescue Car dan membawa Perahu karet serta peralatan SAR Pendukung lainnya.

Baca juga  Personel Batalyon B Pelopor BKO Polda Papua Disambut, Seorang Wafat

Juga tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju tiba di lokasi kejadian, langsung melaksanakan koordinasi dengan tim yang lebih dulu berada di lokasi kejadian, diantaranya BPBD Mamuju, Dinsos Mamuju, Polresta Mamuju, Koramil Pangale, aparat kecamatan Papalang, aparat dusun Saleparang dan aparat dusun sukamaju serta  Masyarakat setempat.

Pada pukul 21.35 Wita, diketahui daerah yg terkena dampak banjir diantaranya Dusun saleparang dan dusun sukamaju dengan kondisi air sudah surut, kondisi 50 KK (Dewasa  = 30 Org, Lansia 23 Org, Anak-anak = 30 Org, Balita = 10 Org) sudah mengungsi mandiri ke Rumah Keluarga Sekitar yang tidak terdampak.

Baca juga  Akibat Pohon Tumbang, Kepala KUA Alami Kecelakaan di Polman

Dari hasil pelaksanaan operasi SAR di lapangan, Arif Anwar menyampaikan, Pihaknya bersama unsur terkait akan tetap melaksanakan pemantauan dan antisipasi terhadap kondisi debit air yang dikhawatirkan meningkat akibat curah hujan yang tinggi. (Syamsul Bahri)