Ayah Bunda Genre Majene Disematkan ke Bupati AST dan Ketua TP PKK

  • Bagikan

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Majene (Dinas PP KB) menggelar kegiatan Diseminasi hasil Pendataan Keluarga Tingkat Majene Tahun 2021, Selasa 14 Desember 2021.

Acara yang digelar di ruang Pola Kantor Bupati tersebut turut dirangkaikan dengan penyematan Ayah dan Bunda Genre Kabupaten Majene.

Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Majene dr. Hj. Wahida  menjelaskan, kegiatan pendataan keluarga tingkat Kabupaten Majene telah sudah dilaksanakan 1 April hingga 1 Mei 2021.

Selain menjadi yang terbaik di Sulawesi Barat, Majene juga meraih penghargaan khusus yaitu Kecamatan Pamboang sebagai Kecamatan terbaik dalam pelaksanaan tersebut. Hal itu kata dr Wahida merupakan buah kerja keras dari rekan-rekan kader, yang juga mendapat dukungan dari supervisor, pemerintah daerah mulai dari Bupati, Camat, Lurah, Kades hingga Kepala Lingkungan sehingga Majene bisa mendapat penghargaan  khusus tersebut.  “Harapan kami, karena ada satu kegiatan lagi yang berkaitan penanganan stunting melalui  pendamping keluarga, kader PKK & KB akan berkolaborasi, sesuai tahapan kegiatan BKKBN akan mempercepat penurunan stunting di Majene,” ucapnya.

Terkait dengan pelantikan Ayah Bunda Genre Tingkat Kabupaten Majene, diharapkan akan  lebih semarak dan juga mendapat dukungan penuh dari Pemda Majene dan TP PKK Majene.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Majene dan Ketua TP. PKK Majene, Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar Nuryamin, Sekda. Majene, Staf Ahli Bupati, Asisten, Para Pimp. OPD, Para Camat, Para Kepala UPTD KB, Penyuluh KB dan Duta Genre Majene.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat atas fasilitasnya dalam kegiatan pendataan keluarga tahun 2021 dan juga pelaksanaan Diseminasi PK 21 dan penyematan Ayah Bunda Genre 2021. Juga kepada Kepala DPPKB Majene beserta jajarannya, yang telah menyukseskan pendataan keluarga dan membawa Kecamatan Pamboang sebagai pelaksana PK 21 terbaik dan tercepat di Sulbar.

Ia berharap kegiatan tersebut akan menjadi data basis yang akurat mengingat PK21 berbasis masyarakat dikumpulkan oleh dan untuk masyarakat, sesuai kondisi real, yang dikumpulkan dan dimutakhirkan sendiri oleh masyarakat. “Saya yakin data tersebut bisa menjadi acuan dalam melakukan intervensi di berbagai sektor utamanya pembangunan keluarga berencana dan mewujudkan visi Majene Unggul, Mandiri dan Religius,” ucapnya.

Andi Achmad Syukri juga berharap, penyematan Ayah Bunda Genre Kab Majene akan lebih menambah semangat bagi remaja, untuk lebih aktif dan proaktif dalam melaksanakan kegiatannya, utamanya berani mengatakan tidak pada tiga hal yaitu, Nikah Dini, Sex sebelum nikah dan narkoba (NAPSA).

Kegiatan dilanjutkan dengan Kampanye Anti Stunting dan Anti Narkoba oleh Duta Genre Kab. Majene yang juga menjadi perwakilan Sulbar  ke tingkat Nasional. Setelah itu dilakukan Pemberian Piagam Penghargaan kepada Kepala UPTD KB Kec. Pamboang, atas prestasinya sebagai Terbaik Pertama Tingkat Sulbar dalam Pelaksanaan Pendataan Keluarga 2021 yang  diserahkan langsung oleh Bupati Majene. (ih)

Kemudian Penyematan Ayah Genre dan Bunda Genre kepada Bupati Majene dan Ketua TP. PKK Majene oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar Nuryamin. Acara diakhiri dengan pemaparan/ Diseminasi hasil pendataan keluarga Tahun 2021 (PK 21) oleh Ka. Perw. BKKBN Sulbar Nuryamin, STP, MM.

  • Bagikan