Terbaik terbaik

Atasi Ketersediaan Darah PMI Majene, Kodim 1401 Donor Darah


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Palang Merah Indonesia (PMI) Majene kerjasama dengan Kodim 1401 Majene melakukan donor darah kepada seluruh personil Kodim Majene. Selain itu, ikut pula mendonorkan darahnya istri para personil, Rabu (8/4/2020).

Ketua PMI Majene Dra. Hj. Fatmawati Fahmi yang dikonfirmasi mengatakan, peserta pendonor adalah anggota Kodim dan beberapa anggota Persit. “Anggota Kodim yang mendonor, kami bagikan masker. Saling berkontribusi dilakukan di Makodim,” ungkap Fatmawati seraya menyebut, memang ini adalah instruksi dari pusat melalui Ketua PMI Jusuf Kalla.

Baca juga  Fatmawati Fahmi Dilantik Jadi Ketua PMI Majene

Bunda PAUD itu menambahkan, ketua PMI Pusat kumudian mungkin meneruskan kepada Panglima TNI ke Pangdam kemudian diteruskan ke masing masing Dandim. “Untuk anggota Kodim, baik itu istri dan anak untuk melaksanakan donor darah bekerja sama dengan PMI. Karena stok darah di hampir seluruh Indonesia itu memang sangat berkurang karena mungkin salah satunya akibat pandemi ini,” ungkap Fatmawati.

Sebenarnya, lanjut Fatmawati, PMI juga bersurat kepada Bawaslu untuk melakukan donor darah, namun ada pembatalan, mungkin karena alasan tidak boleh ada acara berkumpul.

Baca juga  Ketua PMI Majene Apresiasi Kecamatan Ulumanda Tangani Virus Corona

“Yang penting jaga jarak dan pakai masker. Sekarang itu kami mengkampanyekan ini terus menerus bahwa kemana pun yang penting begitu melangkah keluar rumah harus pakai masker,” lanjutnya.

Ketua PKK Majene itu menambahkan, masyarakat menggunakan masker kain saja, sebab masker yang dijual di apotek diperuntukkan untuk tenaga medis. “Dengan memakai masker kain tetapi tetap yang standar, minimal berlapis dua,” tambahnya.

Baca juga  Antisipasi Konflik Sosial Jelang Pilkada 2020, Pemkab Majene Gelar Rapat Koordinasi

Saat ini, lanjut Fatmawati, PMI Majene belum memiliki unit penampungan darah sehingga darah yang diperoleh dari donor tetap di bawah ke rumah sakit. “Mengenai pelaporan bahwa ada sekian kantong donor darah, kita tetap melapor ke PMI provinsi. Alhamdulillah mulai dari Pak Dandim beserta keluarga anggota TNI (mendonor). Mudah-mudahan banyak pendonor dan semuanya berjalan lancar, Aamiin,” tutup Fatmawati. (Satriawan)