ASN Dapat Bekerja di Rumah Tanpa Harus ke Kantor


UPACARA. Sejumlah ASN melaksanakan Upacara bendera hari kesadaran nasional. (Foto : Internet)

SULBAR99.COM-JAKARTA–Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tengah membuat perencanaan tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak harus bekerja di kantor.

“Ciri-ciri ASN 4.0 itu lebih jeli, lebih akurat, lebih cepat nanti ada fleksibilitas dalam kerja,” ujar Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB Setiawan Wangsaatmaja dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Baca juga  Lurah Limboro : Abdi Negara Harus Siap Ditempatkan Dimana Saja

Lebih jauh Deputi mengungkapkan bahwa dirinya memang sedang merencanakanhal tersebut. “Jadi kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya,” ujar Setiawan seperti dikutip dari Tribun Timur.

Baca juga  Besok, Ribuan ASN dan Masyarakat Akan Tumpah ke Jalan. Ini yang Akan Dilakukan

Pada tahun 2024 mendatang, lanjut Setiawan, diperkirakan ASN yang melek teknologi akan mencapai separuh ASN. Langkah awal pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut ditandai dengan sistem perekrutan ASN yang telah menggunakan sistem komputer.

Baca juga  Ikatek Unhas Akan Gelar Diskusi Terfokus Bahas Strategi Rantai Pasok Mendukung Pembangunan Ibukota Baru

Dari hasil seleksi beberapa tahun dengan sistem komputerisasi, pemerintah telah berhasil menghasilkan 572.000 pegawai yang melek teknologi. “Jumlah Total ASN saat ini telah mencapai 4,3 juta orang,” ungkap Setiawan. (IH)


NASIONAL