Antisipasi Konflik Sosial Jelang Pilkada 2020, Pemkab Majene Gelar Rapat Koordinasi


Pjs. Bupati Majene H. M. Natsir

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Rapat Koordinasi Penanganan Konflik Sosial Tingkat Kabupaten Majene Tahun 2020 yang bertema Antisipasi dan Solusi Permasalahan Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2020 digelar di ruang pola Kantor Bupati Majene, Selasa (23/11/2020).

Hadir Pjs. Bupati Majene, Pj Sekda Majene, Dandim 1401, Kapolres Majene, Perwakilan Kejaksaan Negeri Majene, Ketua KPU Majene, Bawaslu, Manager PT PLN Majene, Kepala OPD terkait, Camat dan Kepala Desa.

Pjs. Bupati Majene H. M. Natsir mengatakan pertemuan hari ini untuk menyikapi segala potensi permasalahan jelang Pilkada, selain itu untuk memastikan seluruh persiapan, baik secara teknis dan non teknis sehingga tidak ada lagi permasalahan di lapangan.

Baca juga  Puluhan Staf OPD Dilatih Keprotokolan dan MC

Natsir juga mengatakan perlu mengantisipasi kondisi cuaca di bulan Desember yang kemungkinan memasuki masa perubahan cuaca eksrteam akibat fenomena el nina sesuai prediksi BMKG.

“Masih ada 12 desa di kecamatan yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi terutama internet. serta masih ada 984 jiwa belum ber e-KTP yang perlu disisir. Perlu untuk memastikan warga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya apalagi dipemilihan kali ini tidak ada lagi penggunaan suket,” ungkapnya.

Mantan Sekda Pasangkayu itu menghimbau tidak ada lagi anggapan golput itu adalah solusi. Karena pilkada menentukan masa depan.

Baca juga  Pengurus BKMT Majene Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

Pemerintah Majene, lanjut M. Natsir, juga memiliki tanggung jawab yang berat, mengingat tingginya partisipasi masyarakat di Majene 83.75 persen, sehingga perlu dipikirkan jangan sampai justru mengalami penurunan terlebih di masa pandemi .

“Sebelum hari pencoblosan, dilakukan sosialisasi dengan menyurat ke masing masing rumah ibadah untuk datang ke TPS,” terangnya.

Sementara itu Manager PT PLN Majene, Bahtiar juga menjelaskan kondisi listrik jelang pesta demokrasi. “Setelah melakukan beberapa kali pemeliharaan, termasuk dengan memadamkan listrik cukup lama, ia mengatakan permasalahan listrik masih aman, yang ditunjukan dengan kondisi gardu di Baruga yang kapasitasnya masih cukup. “Alhamdulillah baik gardu di Baruga  kapastitas masih cukup  dan aman,” ujarnya.

Baca juga  Wabup Serius Hadirkan Semua Pihak Bahas Antisipasi Corona di Majene

Ia juga menyebutkan masih ada 20 Dusun yang belum bisa nikmati listrik PLN. Khusus di Majene diantaranya di Ulumanda, Salutahongan,  Awo, Mayamba dan lainnya.  “Kami berharap agar ada masukan dari pemerintah dan stakeholder terkait titik-tiitk mana yang menjadi prioritas, termasuk jika pihak penyelenggara membutuhkan genset,” ujarnya.

Secara bergantian para Camat yang hadir memaparkan kesiapan di wilayahnya dalam melaksanakan Pilkada. Secara umum mereka mengaku telah siap meski beberapa masih mengalami kendala baik itu terkait internet dan jalan. (ih)


MAJENE