Alasan Dicoba, Kawasaki Trail Raib Dibawa Kabur Penipu Online


Motor yang hilang Nomor Plat DP 2365 LF, Nomor Rangka: MH4LX150FGJP18705, Nomor Mesin LX150?CEPW2313, Tahun pembuatan : 2016

SULBAR99.COM-TORAJA – Maraknya penipuan berkedok online di Toraja membuat resah sejumlah masyarakat Toraja. Seperti yang dialami Firdauz, warga Parepare yang tertipu oleh akun facebook atas nama Juan Kamili dalam grup jual beli online Toraja Dagang, Sabtu (08/01/2020).

Kasus Penipuan ini sudah sering terjadi di Kabupaten Toraja seperti yang dilansir di sejumlah unggahan facebook warga Toraja yang sering tertipu melalui jual beli online. Bahkan pelaku tak segan-segan menampakkan diri ke korban.

Salah seorang korban, Firdauz telah melaporkan kasus penipuan berkedok jual beli online ke Polsek Rantepao. ”Benar pak saya melaporkan kasus penipuan jual beli di polsek Rantepao,” keluhnya.

Baca juga  Sepasang Muda Mudi Digrebek Sedang Berduaan di Kamar Kos

Kejadian bermula Firdauz dan rekannya melakukan percakapan melalui media sosial dan telepon. “Kamipun sepakat dengan kondisi barang kami yang akan di jual ke pelaku dengan menyepakati harga dan biaya Kami dari Parepare ke Rantepao Tana Toraja,” tambahnya.

Awalnya, Firdauz dan rekannya sama sekali tidak menaruh kecurigaan terhadap pelaku, soalnya dari gerak gerik tidak menampakkan sedikitpun adanya sesuatu yang mencurigakan. “Akhirya kami sepakat mengantarkan barang kami ke pelaku yang bernama di facebook JUAN KAMILI,” kesalnya.

Barang tersebut berupa motor kawasaki KLX BF tipe Trail dengan ciri warna hijau putih. “Sebenarya, sebelum kejadian penipuan ini, pelaku melakukan aksinya dengan cara menggiring kami ke lokasi alamat yang dari pelaku minta yaitu lingkungan pasar Terminal Bolu sekitar jam 02.00 Tengah malam,” tambahnya.

Baca juga  Pelaku Penipuan Ini Mengaku Miliki Kesaktian, Namun Keok di Tangan Polisi Parepare

Firdauz melanjutkan, pelaku mencoba mengarahkan kami mengikuti ke arah rumah pelaku yang ternyata fiktif alias tidak ada sama sekali. “Tapi kami terjebak dengan rayuan dari pelaku mencoba mengetes kendaraan yang kami bawa. Pelaku ada niat jahat untuk mengelabui kami dengan membuat kami bingung dan kurang konsentrasi,” tambahnya.

Teryata, lanjut Firdauz, kendaraan tanpa aba-aba langsung ditancap gas oleh pelaku akhirnya kabur menuju lorong pasar Bolu. “Sampai di situ saya dan rekan saya langsung melapor ke Polsek Rantepao. Dari kejadian ini saya himbau masyarakat yg ingin bertransaksi atau melakukan jual beli agar kiranya berhati-hati, karena pelaku masih melancarkan aksiya di kota Toraja,” imbaunya.

Baca juga  Teror Rumah Kost Berkeliaran, Sejumlah Mahasiswi Penghuni Kost di Lutang Resah

Korban Firdauz merasa sedih dibalik musibah ini, karena pelaku dalam melakukan aksinya memakai cara licik dengan menganti foto profil dari beberapa pengguna facebook, agar modus dari aksi tersebut tidak diketahui korban.

Hingga berita ini diturunkan, Polsek Rantepao masih menyelidiki kasus penipuan ini. (Ih)


KRIMINAL