Terbaik terbaik

Aksi Heroik Polisi, Danramil dan Warga Padamkan Api di Perbukitan Pamboang


PADAMKAN. Personil Polsek Pamboang tengah berupaya padamkan api dengan alat seadanya akibat lokasi yang sulit dijangkau mobil Damkar

SULBAR99.COM-PAMBOANG, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali lagi terjadi di wilayah Pamboang, tepatnya di lingkungan Bulutupang Kelurahan Lalampanua Pamboang, Sabtu (14/9/2019) sekitar pukul 14.30 petang.

Lahan yang terbakar tersebut adalah milik salah seorang guru honorer di SMAN 1 Pamboang, Muslim yang tinggal di Butulapang Lalampanua Pamboang.

Kapolsek Pamboang Iptu Darwis yang dihubungi via whatsApp mengatakan, telah terjadi karhutla di belakang SMA 1 Pamboang di Lingk. Bulutupang Kec. Pamboang Kab. Majene.

Baca juga  Evaluasi Tim Covid19 Majene, Masih Banyak Warga yang Membandel
Polsek Pamboang, anggota Danramil, petugas Damkar dan masyarakta bahu membahu padamkan api di bukit terjal Pamboang.

Iptu Darwis mengungkapkan bahwa kronologis kejadian bermula berdasarkan pengakuan salah seorang warga Muh. Ali Gufran yang sementara berada di Sekolahnya SMA Negeri 1 Pamboang. “Bahwa yang bersangkutan pertama melihat api sudah membesar yang membakar rumput dan dahan kering yang berada di atas gunung,” ujar Iptu Darwis.

Kondisi lahan yang terjal dan berbukit menyulitkan Personil Polsek Pamboang, Anggota Danramil 1401-02 Pamboang dan warga masyarakat untuk menjangkau lokasi.

Baca juga  Pengukuhan dan Pelantikan Kerukunan Keluarga Besar Paraitaq Polman

Sekitar Pukul 16.40 wita, api berhasil dipadamkan oleh Personil Polsek Pamboang yang dipimpin langsung Kapolsek Pamboang Iptu Darwis, bersama dengan Anggota Danramil 1401-02 Pamboang dan warga masyarakat setempat.

Sulitnya akses untuk menjangkau lokasi kebakaran karena medan yang terjal dan berbukit sehingga Mobil Pemadam Kebakaran hanya Stand by di Halaman SMA Negeri 1 Pamboang

“Dengan menggunakan peralatan manual, api berhasil dipadamkan. Namun ada titik kecil yang tidak bisa dipadamkan karena medan yang tidak bisa dijangkau,” tambah Kapolsek Pamboang.

Baca juga  Lagi, Seorang Nelayan Asal Labuang Dikabarkan Hilang di Laut

Iptu Darwis menghimbau kepada warga agar tetap memantau dan berjaga-jaga di pemukiman penduduk karena masih ada titik api yang tidak bisa dijangkau.

Karhutla yang menghanguskan 2 hektar lahan di Pamboang ini tidak menimbulkan korban jiwa. “Penyebab kebakaran masih dalam lidik,”ujar Kapolsek Pamboang. (Ih)