Akankah BLK Majene Bertransformasi Menjadi UPTP Tenaga Kerja?


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Bupati Majene bersama Ketua DPRD Majene dan Pj. Sekda Majene menerima Plt. Direktur Lemlat, Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI Hery Budoyo bersama Kepala BBPLK Medan M. Ali Hapsah. di Rujab. Bupati Majene, Kamis malam 11 Maret 2021.
Turut serta mendampingi Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, Firdaus Atawuwur, Kadis. Tenaga Kerja Sulbar. Sementara Bupati Majene didampingi Kadis. Nakertrans Hamsinah dan Kadis. Perkimtan Lies Hirawati.

Plt. Direktur Lemlat, Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI Hery Budoyo mengatakan, maksud kedatangannya di Majene untuk melihat secara langsung kesiapan BLK Majene untuk ditingkatkan menjadi Unit Pelaksana Teknis Pelatihan (UPTP) Tenaga Kerja, sekaligus menindaklanjuti surat dari Pemerintah Kabupaten Majene yang dikirim ke Ibu Menteri, terkait rencana transformasi BLK menjadi UPTP, dimana setiap provinsi seharusnya punya UPTP.

Baca juga  Gratis, Jalan Santai HUT Barru Berhadiah Umrah dan Motor

“Saat ini kami survey ke semua kabupaten yang mengajukan diri, hasil dari tinjauan lapangan ini selanjutnya dilaporkan ke Dirjen, untuk segera mendapat respon terkait pembangunan, selanjutnya keputusan semua terletak di Ibu Menteri,” ujarnya.

Dan bila BLK Majene menjadi UPTP di Sulbar, maka tidak perlu lagi kirim warganya ke Nedan, Bandung atau daerah lainnya untuk dilatih, karena disini sudah dapat dilakukan pendidikan pelatihan yang mumpuni. “Termasuk melatih kompetensi untuk PMI (Pekerja Migran Indonesia) atau TKI itu sudah dapat dididik disini semua. Ini untuk pengembngan kantong2 TKI / PMI di Sulbar kedepannya,” tambahnya.

Baca juga  Terkait Ambulance 86, Inspektorat : Penertiban Aset Daerah

Posisi kami saat ini, lanjut Hery, merekap data yang didapat di lapangan, termasuk kondisi daerah masing masing. “Selanjutnya akan kami serahkan ke Ibu Menteri. Kami berharap dalam tempo yang sesingkat singkatnya dapat terealisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BBPLK Medan M. Ali Hapsah yang turut serta, menambahkan, dirinya berharap agar akses jalan yang ada di BLK sekarang supaya tidak menjadi akses umum, karena salah satu persyaratan yang dibutuhkan yaitu kami semua fasilitas UPTP berada dalam 1 kompleks, ini juga untuk pengamanan juga bagi UPTP kelak.

Baca juga  Sumbangan Pembangunan Kantin SMAN 7 Wajo Dihentikan, Buntut Adanya Polemik

“Kami harap pihak Pemda. Majene juga dapat jalin komunikasi dengan Pemprov. Sulbar dalam hal iniĀ  Gubernur Sulbar, agar pendirian UPTP di Majene dapat segera direalisasikan,” ujarnya.

Pertimbangan pemanfaatan dan penempatan UPTP Majene, lanjut Ali Hapsah, sangat strategis posisinya, karena bisa mencakup semua wilayah yang ada di Sulbar, “Bila digabung penduduk Polman dan Majene maka itu mencukupi 60% penduduk Sulbar,” tuturnya. (Ih)