Terbaik terbaik

75 Pemuda dan Pemudi di Majene Diajarkan Membuat Aneka Olahan Berbahan Dasar Coklat


Peserta pelatihan tampak serius mengikuti acara pembukaan pelatihan di Penginapan B-Nusabillah

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Balai Diklat Industri Makassar menggelar Diklat Pembuatan Aneka Olahan Berbasis Coklat Angkatan IV Tahun 2021 dimulai 4 April – 9 April 2021 di Aula Kantor Dinas Koperindag Majene.
Pelaksanaan praktek dilaksanakan di Aula B’ Nusabillah Majene, Minggu, 4 April 2021.
Dihadiri Bupati Majene, Kadis. Koperindag, Ka. BDI Makassar diwakili ketua LSP BDI Makassar dan para peserta pelatihan sebanyak 75 orang.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BDI Makassar Drs. Agussalim, MM sebagai Penyelenggaraan Kegiatan mengatakan, tujuan pelatihan ini agar peserta mampu memahami basic cooking, kitchen equipment, kesehatan keselamatan kerja (K3) dan mampu membuat makanan dan minuman dari coklat, terakhir para peserta akan diuji secara kompetensi.

“Peserta 75 orang dari UMKM dari wilayah Kabupaten Majene. Instruktur yang digunakan adalah para Widyaswara, BDI Makassar dan praktisi UKM.
Pertama kali dilaksanakan di Kab. Majene,” ujarnya.

Baca juga  Kodim 1401 Majene Bakti Sosial dan Pameran Alusista TNI

Bupati Majene Lukman dalam sambutannya mengatakan, selaku Pemkab Majene, dirinya mengucapkan terima kasih kepada BDI Makassar yang telah membangun kerjasama dengan Pemkab. Majene dalam hal ini Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan. “Ini adalah satu langkah maju, dan pemikiran yang proaktif, dan merupakan kesempatan besar yang diterima oleh masyarakat dan Pemkab. Majene, Ini adalah kesempatan yang baik dimanfaatkan karena sudah terdaftar sebagai peserta pelatihan,” ujarnya.

Lukman menjelaskan, Majene beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, ketika adanya PTN berdiri di Majene, sehingga tempat kuliner makin tumbuh subur dan sehat.

Baca juga  Sukseskan Revolusi Hijau, Warga Mosso Tanam Bawang Merah

“Dengan adanya pelatihan ini, merupakan peluang untuk menjadi tuan rumah yang baik, dalam hal menerima banyaknya warga luar Majene yang masuk ke Majene untuk makan – minum maupun untuk rekreasi,” tambahnya.

Bupati Majene Lukman dan perwakilan BDI Makassar dan kadiskoperindag Majene.

Coklat adalah salah satu jenis makanan yang banyak diminati orang luar, karena kualitas coklat kita adalah kualitas Eksport, dan khasiatnya yang luar biasa, sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan varian jenis olahan coklat yang sehat. “Disinilah dibutuhkan pelatihan agar kreatifitas kita dapat terasah dalam mengolah coklat menjadi makanan yang menarik dan menggugah selera,” harapnya.

Lebih jauh ketua DPD Golkar Majene itu mengharapkan, manfaatkanlah moment ini sebaik baiknya, karena disinilah saatnya kita dapat belajar secara serius dalam mengolah coklat dan keluaran pelatihan ini akan mendaptkan sertipikat dari BDI dan bila nanti ada bantuan bagi UKM untuk pengusaha pengolahan coklat tentu para peseta inilah yang akan jadi prioritas.

Baca juga  Terima Kunjungan Anggota DPR RI, Bupati Barru Bahas Persoalan Ini

“Biasanya kita berangkatakan peserta ke Makassar untuk mengikuti pelatihan, namun kali ini pihak BDI yang datang untuk memberikan pelatihan. Bila para peseta sudah keluar dari pelatihan ini, tentu para peserta akan dapat mengahsilkan uang sendiri dengan keahlian dalam mengolah coklat lokal yang dikelolah oleh peserta saat ini,” ucapnya.

Mantan wakil bupati Majene itu menegaskan, bila sudah ada yang bisa produksi kue atau makanan lainnya, silahkan bawa ke rujab bupati, saya siap untuk membeli kue atau makanan tersebut,” pungkasnya. (Ih)