15 Hektar Lahan Jagung di Desa Bonde-bonde Tubo Dipanen, Perhektarnya Capai 7,5 Ton


Wakil Bupati Majene Arismunandar memperlihatkan jagung yang baru saja dipanen. (foto : humas Pemkab Majene)

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Kelompok Tani ” Batu Passangerang ” Desa Bonde-Bonde Kecamatan Tubo Sendana, menggelar panen tanaman jagung sekaligus syukuran bersama di areal pertanian Desa Bonde-Bonde Rabu 25 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Monitoring dan Evaluasi Perkembangan kegiatan Pengentasan Daerah Rentan Rawan Pangan/Pertanian Keluarga (PDRP/PK) Kabupaten Majene Tahun 2021 yang melibatkan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulbar dan kabupaten Majene.

Dari hasil panen petani tersebut, mereka berhasil mengumpulkan 7,5 ton per hektar, dengan luas pertanian mencapai 15 Ha. Melalui program PDRP/PK yang juga mendapat support dari para penyuluh pertanian di Kecamatan Tubo, mereka berhasil memanfaatkan lahan yang awalnya gersang menjadi lahan pertanian yang produktif.

Baca juga  UKM Pengolahan Kemiri di Desa Betteng Butuh Bantuan

Kadis Ketahanan Pangan Sulbar Muchtar mengatakan, Poktan tersebut bisa menjadi contoh. Para pemerintah desa bisa membentuk poktan poktan di wilayahnya mengembangkan potensi desa dengan menerapkan teknologi secara maksimal.

“Program PDRP/PK tidak hanya untuk meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan keluarga sesuai kebutuhan gizi seimbang, tapi mengentaskan daerah rentan rawan pangan, menguatkan daerah tahan pangan dan meningkatkan pendapatan keluarga petani,” ucapnya.

Baca juga  Kembali, Desa Alu Polman Salurkan BLT-DD Kepada 241 Warga

Wakil Bupati Majene Arismunandar yang turut hadir mengapresiasi atas hasil yang diperoleh para petani. Ia salut dengan kerja keras yang dilakukan, mengingat setiap kegiatan pertanian yang dilakukan selalu membuahkan hasil yang positif. ”Panen pagi ini membuahkan hasil positif, upaya ini tidak lepas dari dukungan Dinas Ketahanan pangan, baik Sulbar dan Majene. Sangat luar biasa apa yang dikerjakan selalu berhasil, saya salut dengan poktan ini,” bebernya.

Baca juga  Mendes PDTT Sebut Prinsip Pembangunan Desa Mengentaskan Kemiskinan

Kedepan kata Aris, Pemerintah daerah tetap akan mensupport untuk keberlangsungan pertanian di Majene. Untuk itu ia tetap berharap, bantuan baik dari segi moril dan materil dari Pemerintah Propvinsi Sulbar

Turut hadir Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sulbar, Kadis Ketahanan Pangan Majene, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Camat Tubo Sendana, Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Setda, Kepala Desa Bonde-bonde dan Koordinator Penyuluh Kecamatan Tubo Sendana. (hms-ih)


SEPUTAR DESA