14 PMI Kabupaten, 200 Relawan dan 2 Dokter PMI Berposko di Malunda, Bantu Korban Gempa


Patmawati Fahmi bersama relawan lainnya, saat membantu salah seorang warga di pengungsian Malunda. (Foto : Istimewa)

SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Sebanyak 14 Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten di Sulsel, termasuk PMI Sulsel berposko di Malunda pasca gempa terjadi dua pekan lalu. Hal ini diungkapkan ketua PMI Majene, Dra. Hj. Patmawati Fahmi, yang dihubungi via telepon, Sabtu (30/1/2021).

Menurut Patmawati, sejak 16 Januari 2020 lalu, dirinya bersama PMI kabupaten lainnya yang ada di Sulsel, setiap hari ke lokasi pengungsian seperti Malunda. “Alhamdulillah, kami ini dari PMI setiap hari datang mendata, juga menyalurkan bantuan,” ungkapnya.

Baca juga  Karel, Korban Hilang di Hutan Bonehau Ditemukan Selamat

Selain melakukan pendataan dan bantuan, program trauma healing bersama anak anak, juga sudah dilaksanakan PMI. “PMI ini lengkap, ada yang mendata kondisi kerusakan rumah, sebab sudah ada list dari pusat yang setiap saat terupdate dari provinsi ke pusat,” ujarnya.

Baca juga  Seorang Warga Segeri Majene Mencoba Mengakhiri Hidup Dengan Minum Racun Serangga

Menurut Patmawati, hal ini dilakukan karena ada instruksi langsung dari ketua PMI Pusat Jusuf Kalla dan ketua PMI Sulbar Hj. Enny Anggraeni, untuk selalu melaporkan progres di lapangan.

Selain itu, di Posko PMI di Malunda, terdapat ada 14 PMI kabupaten dan provinsi yang bergabung. “Mulai dari PMI Sulsel, Makassar, PMI Pinrang, Wajo, Polman, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Gowa, dan lain lain, pokoknya ada 14,” tegasnya.

Baca juga  Tim SAR Terus Mencari Korban Nelayan Hilang di Mateng

Bukan cuma itu, terdapat pula 200 relawan, bahkan ada dua dokter PMI dari Solo Jawa Tengah, sudah dua hari ini bertugas melakukan pelayanan bagi masyarakat yang terdampak. “Memang betul betul PMI merealisasikan kemanusiaan. tidak ada misi lain selain misi kemanusiaan,” tutupnya. (Satriawan)