Terbaik terbaik

Dibaca : 17 kali.

100 Persen Warga Desa Buttu Baruga Dapat BLT Dana Desa


SULBAR99NEWS.COM-MAJENE, Launching Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Buttu Baruga, Senin, (11/5/2020) dihadiri Bupati Majene, Dandim, Kadis. PMD, Ka. BKAD, Kadis. Sosial, Ka. BPBD, Ka. Bappeda, Camat Banggae Timur dan Camat Banggae

Kades Buttu Baruga Arifin mengungkapkan, pekerjaan warganya sangat berdampak dengan adanya pandemi ini. “Karena warga kami dominan petani dan peternak, sekarang sangat merasakan dampaknya, hasil pertanian dan peternakan warga sudah sulit dipasarkan. “Banyak warga kami yang ada dirantau sudah pada berdatangan, karena dirantau saudara-saudara kami sudah tidak punya pekerjaan, sehingga tiba dikampung juga belum dapat pekerjaan, sehingga kami ambil kesimpulan bahwa 100 % warga kami semua mendapatkan BLT DD selain yang sudah dapat bantuan lainnya, dan bukan berprofesi sebagai PNS TNI- Polri,” ungkap Arifin.

Baca juga  Kemendes PDTT Kolaborasi Kemenaker Bangun 1.000 Sarana Air Bersih dan MCK di Desa-desa

di Desa Buttu Baruga, lanjut Arifin, jumlah penerima bantuan BLT DD : 101 KK. “Kami juga sudah membagikan masker, tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan. Bagi warga yang baru masuk ke desa langsung dikarantina selama 14 hari, yang disiapkan 4 posyandu yang sangat layak untuk ditempati,” tutur Arifin.

Baca juga  Kemendes PDTT dan Kemen PPPA Deklarasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Sementara itu, Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan,
yang dibagikan hari ini adalah yang tidak dapat bantuan dari pusat. “Ini yang khusus adalah berasal dari Dana Desa, sesuai mekanisme yang ada maka pihak Desa dapat mengeluarkan sebagian Dana Desa untuk dibagikan,” ujar Fahmi.

Dikatakannya, ada tiga kali waktu pembagian, yaitu bulan Mei, Junidan Juli. “Saya apresiasi kepada pemerintah Desa Buttu Baruga yang telah mengeluarkan dana ADD nya sesuai amanat undang-undang, dan alhamdulillah dapat terpenuhi semua warganya. Saya harap warga yang terima ini dapat memanfaatkan uangnya untuk membelanjakan uang yang diterimanya kepada hal hal yang betul – betul menjadi kebutuhan dasar rumah tangga, terutama untuk makan sehari hari bersama keluarga di rumah,” lanjut Fahmi

Baca juga  Peduli Lingkungan, Kades Lombong Timur Jumat Bersih Gandeng Polisi dan Tentara

Pada saat yang sama, Bupati juga memberikan bantuan Vitamin B1, B12, C kepada semua penerima BLT DD. (ih)