1 Hektar Lahan Hangus Terbakar di Lingkungan Segeri. Ini yang Sebabkan


ALAT SEADANYA. Akibat lokasi yang tidak terjangkau mobil damkar, polisi dibantu warga lakukan pemadaman dengan alat seadanya. (Ist)

SULBAR99.COM-MAJENE, Kebakaran lahan kini kembali lagi terjadi di Kabupaten Majene, Rabu (28/8/2019) sore. Sekitar pukul 17.30 Wita Satu hektar lahan di Lingkungan Segeri Kelurahan Baruga Dhua Banggae Timur Majene.

Berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, awalnya api terlihat muncul dari arah Barat, para saksi sendiri tidak mengetahui penyebab munculnya api tersebut, api dengan cepat merambat membakar lahan karena angin yang berhembus kencang dari arah barat sehingga api dengan cepat merambat ke arah timur. Akibat dari kebakaran tersebut sempat menghanguskan lahan yang ditumbuhi alang-alang seluas kurang lebih 1 hektar.

Baca juga  Kadis PPPA Majene Wacanakan 1821 Waktu Terlarang Anak Main Gadget

Api berhasil dipadamkan pada pukul 20.30 Wita secara manual oleh beberapa anggota Polres Majene dan Polsek Banggae sekitar enam orang yang dibantu oleh masyarakat setempat dengan menggunakan alat seadanya. Hal ini terjadi karena lokasi kebakaran tidak terjangkau oleh mobil pemadam.

Baca juga  Satu SSK Brimob Parepare Diberangkatkan ke Sulawesi Tenggara

Kebakaran lahan tersebut terjadi di lahan milik Syarifuddin (55) yang berprofesi sebagai petani di Segeri Baruga Dhua Kecamatan Banggae Timur.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih memintai keterangan saksi-saksi terkait kebakaran lahan tersebut. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Hal ini karena terkendala dengan minimnya saksi di lokasi kejadian.

Baca juga  Gedung Diperbaiki, Samsat Majene Tetap Lakukan Pelayanan dengan Tenda Darurat.

Terkait kejadian tersebut, kepolisian langsung mengambil sikap dengan mendatangi TKP, mengambil keterangan saksi, melakukan Pulbaket serta menghimbau kepada warga untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarang mengingat sekarang musim kemarau.

Selain itu, kepolisian juga melakukan olah TKP di tempat kejadian dan melakukan pengambilan keterangan terhadap saksi dan pemilik lahan. (Ih)


DAERAH